2015, DKI Siapkan Pengacara untuk Gugat Pelanggar Aturan

3
68

Ahok.Org – Pelanggar aturan di Jakarta bakal dibawa ke meja hijau. Itulah yang akan diterapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada tahun 2015. Ahok tidak segan-segan menggugat pelanggar aturan dan bahkan siap menggandeng sejumlah pengacara.

Permasalahan yang akan digugat Ahok antara lain seputar kasus PKL liar, masalah lahan hingga orang yang berdemo. “Saya lagi nyiapin juga bagaimana caranya di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) supaya ada kantor pengacara bisa kita bayar per paket. Jadi nanti ke depan, DKI ini akan banyak menggugat orang. Kamu macam-macam, kita gugat pakai pengacara,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (30/9/2014).

Menurut Ahok, Pemprov DKI Jakarta selama ini selalu bersikap pasif yakni menunggu digugat di pengadilan. “Kalau Biro Hukum saja enggak kuat, kita butuh pengacara yang lebih galak dikit. Pengacaranya nanti sistemnya per paket, jadi enggak ada hitungan jam. Jadi begitu pengacaranya terima kasus kita akan gugat sampai inkrah (berkekuatan hukum tetap -red),” papar ayah 3 anak ini.

Ide tersebut, kata Ahok, akan direalisasikan mulai tahun depan. “Rencana anggaran mulai tahun depan. Ini sudah ada di Sumsel. Cuma secara historisnya baru pertama kali ini Pemprov DKI Jakarta demen gugat orang. Kalau selama ini kan digugat orang,” ujar Ahok. [Detikcom]

3 COMMENTS

  1. Mungkin pada awal trend hukum ini berjalan, ada baiknya diberikan informasi hukum dahulu terhadap setiap tindakan pelanggaran.
    .
    Akan kaget orang-orang kalo belum tau (karena kebiasaan kurang tertib hukum selama puluhan tahunan) tiba-tiba digugat di pengadilan, bisa nangis-nangis karena buta soal hukum.
    .
    Umumnya perasaan kaget, diikuti dengan sikap penolakan yang tegas. Ini bisa memberikan efek tujuan trend hukum ini menjadi kurang berjalan di lapangan, akhirnya melempem, akhirnya menghilang dengan sendirinya, dan kembali lagi kepada kebiasaan jaman “batu” lagi .. 😀

  2. Untuk Komen & Wong kito. Ada di webnya pak ahok dan diwawancara wartawan. Ini salah satu bentuk sosialisasi. Tinggal masyarakat mau menyimak atau anggap angin lalu. Giliran sudah diberlalukan, teriak-teriak ngga ada sosialisasi. Pemerintah DKI lagi disalahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here