Ada Seribu Jenis Soal Lelang Jabatan, Dijamin Tak Bocor

3
66
Kepala BKD DKI Jakarta, I Made Karmayoga

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi DKI menyediakan seribu jenis soal ujian kompetensi bidang dalam seleksi dan promosi jabatan terbuka atau lelang jabatan lurah dan camat. Ini untuk mengantisipasi adanya kebocoran soal.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, dengan banyaknya variasi soal ujian tersebut, ia menjamin setiap kandidat mendapatkan soal yang berbeda. “Soal dijaga kerahasiaannya dan dijamin tidak akan bocor. Semua soal diacak dengan sistem sehingga tidak sama soalnya,” kata Made di Balaikota Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Dari seribu jenis soal itu, setiap soal terdiri dari 90 butir soal. Semua dikerjakan melalui online dan masing-masing peserta diberi waktu menjawab selama 90 menit. Ujian digelar di laboratorium komputer sekolah yang ditunjuk.

Dalam tes kompetensi bidang, setiap kandidat akan dinilai pengetahuannya mengenai penguasaan wilayah, pemerintahan, kesehatan lingkungan, sosial, dan lain-lain. Respons dari setiap kandidat pada bidang-bidang tersebut juga akan tampak dan dinilai.

Setelah uji kompetensi bidang, semua peserta akan mengikuti uji kompetensi manajerial untuk dinilai kepiawaian dalam memimpin, kemampuan komunikasi, cara merangkul partisipasi masyarakat, jaringan, SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats), dan cara menganalisis masalah di wilayahnya. Ujian manajerial digelar dengan sistem presentasi langsung di hadapan tim juri.

Selama masa pendataftaran lelang jabatan (8-22 April), sebanyak 1.118 dinyatakan lolos administrasi. Sekitar 38 lainnya dinyatakan gugur karena telat mencetak kartu ujian.[Kompas.com]

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here