KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS » Ahok Minta Anak Buahnya Tindak Lanjuti Temuan BPK

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI untuk menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap laporan keuangan (LK) tahun anggaran 2014 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal ini disampaikan Basuki saat sidang paripurna laporan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (LP2APBD) tahun anggaran 2014, Selasa (8/9/2015).

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan kepada seluruh pimpinan SKPD dan aparatur Pemerintah DKI Jakarta agar segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, kemudian melakukan peningkatan kualitas sistem pengendalian intern Pemprov DKI Jakarta,” kata Ahok, sapaan Basuki.

Pernyataannya ini berbeda dengan sikap Basuki sebelumnya yang kesal dengan temuan BPK. Atas temuan BPK, Pemprov DKI Jakarta harus bisa mengembalikan kerugian negara hingga 80 persen terhadap laporan keuangan anggaran 2014.

Ada 70 temuan dan 313 rekomendasi dengan nilai Rp 495 miliar di 43 SKPD yang harus dikembalikan ke kas daerah.

Dalam rapat paripurna itu, Basuki juga mengaku Pemprov DKI terus berupaya mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, yakni, kata dia, melalui penyempurnaan sistem informasi penerimaan daerah yang terintegrasi dengan sistem perbankan dan penerapan retribusi elektronik, serta efisiensi anggaran berbasis kinerja dengan memprioritaskan belanja publik.

Selain itu, ada pula penyempurnaan penerapan e-budgeting dan e-catalogue untuk transparansi pengelolaan keuangan daerah, pengembangan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD) yang terintegrasi dengan sistem informasi lainnya dalam rangka penerapan aktual basis.

“Kemudian, pemberian pelayanan prima kepada masyarakat melalui pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan penatausahaan aset daerah melalui inventarisasi aset dan pengembangan sistem informasi aset daerah,” kata Basuki. [Kompas.com]

  • Share/Bookmark

3 Responses to “Ahok Minta Anak Buahnya Tindak Lanjuti Temuan BPK”

  1. Pak Ahok tolong di cek kebenaran data dari KUAPPAS 2016 ada item biaya naskah pidato sampai ratusan juta tolong dicek krn pada waktu pak jokowi jadi Gubenur biaya ini sempat mau dihapuskan.

    Reply
  2. Pengawasan internal sangat lemah, terbukti pemeriksaan BPK banyak yg lolos kerugian negara…yg terbukti segera seret kepengadilan dan pecat sekalian

    Reply
  3. anggota bpk juga dicek anggaran dan harta anggotanya sesuikah dengan gaji yg diterima dibandingkan gaya hidup keluarga?

    Reply

Leave a Reply