Ahok Optimistis Selesaikan Janji Jokowi soal Ciliwung

0
28

Ahok – Normalisasi Sungai Ciliwung merupakan salah satu janji Presiden Joko Widodo saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Namun, hingga kini, janji tersebut belum juga terealisasi.

Pada Kamis (19/5/2016) kemarin, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, dirinya yakin dapat merealisasikan janji Jokowi mengenai normalisasi Sungai Ciliwung itu.

“Saya enggak tahu jabatan saya akan lanjut atau tidak. Tetapi, kalau lanjut, minimal Oktober 2017 saya sudah bangun 70.000 (unit rusun) dan (normalisasi) Ciliwung lunas pada masa (pemerintahan) saya,” kata Ahok.

Ahok menjelaskan, Jokowi merupakan gubernur pertama yang turun ke Sungai Ciliwung dan bertekad menormalisasi sungai tersebut. Pada 2013 lalu, Jokowi bersama Pangdam Jaya saat itu, Agus Sutomo, menyusuri Sungai Ciliwung.

“Mereka sepakat mengerjakan (normalisasi Kali Ciliwung) bersama Kementerian PU tahun 2013,” kata Ahok.

Kontrak normalisasi Ciliwung pun telah disepakati sejak tahun 2013 dan ditargetkan rampung pada tahun 2016. Namun, karena berbagai kendala, kontrak diperpanjang satu tahun hingga 2017.

Keyakinan Ahok semakin bertambah ketika Kodam Jaya menyerahkan lahannya untuk dibebaskan Pemprov DKI Jakarta. Dengan demikian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat segera mengembalikan lebar Sungai Ciliwung menjadi 50 meter.

Tiga lahan yang diserahkan Kodam Jaya adalah Kompleks Rindam Jaya, Gedong, Jakarta Timur; Kompleks Zeni, Rawajati, Jakarta Selatan; dan Kompleks TNI AD Berlan, Kebon Manggis, Jakarta Timur.

Selain akan dinormalisasi untuk antisipasi banjir, Sungai Ciliwung juga akan dijadikan lokasi wisata.

Pada Rabu (18/5/2016) lalu, Ahok menyusuri Sungai Ciliwung dengan menggunakan perahu karet. Dia beserta rombongan menemukan tebing di Sungai Ciliwung yang mengarah ke Condet.

“Wisatanya yang ke arah Condet kan ada cadas atau tebing sedimen bagus. Itu semua dibiarkan alami saja. Itu yang akan jadi tempat wisata,” kata Ahok.

Ahok menginginkan aliran air di Sungai Ciliwung kembali ke wujud aslinya yang jernih. Caranya ialah dengan membuang sampah ke arah Pintu Air Manggarai.

Kemudian, petugas Pemprov DKI Jakarta dengan Kodam Jaya mengeruk lumpur agar kedalaman sungai bertambah. Dengan demikian, air di Sungai Ciliwung bisa terlihat lebih jernih.

“Ciliwung yang kita banggakan bisa jadi tujuan wisata. Jakarta lengkap, mau main sungai ada, laut ada, kota ada,” kata Ahok semringah. [Kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here