KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » APBD, BALAI KOTA, BERITA, NEWS » Ahok Pangkas Anggaran Kegiatan “Enggak Pantas” Dinas Pariwisata

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memangkas anggaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI pada Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016.

Keputusan diambil seusai Basuki mengadakan rapat tertutup bersama jajaran Disparbud DKI selama belasan jam, di Balai Kota, Rabu (18/11/2015) kemarin.

“Kemarin (anggaran) Dinas Pariwisata itu hampir Rp 300 miliar lho, satu dinas. (Dialokasikan) untuk sesuatu yang enggak pantas,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (19/11/2015).

Menurut Basuki, Disparbud DKI lebih banyak menganggarkan untuk penyelenggaraan event dan festival. Bahkan tiap festival anggarannya mencapai Rp 3-5 miliar tiap tahunnya.

Selain itu, banyak anggaran Disparbud yang tumpang tindih dengan anggaran Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Saya sudah katakan kita tuh fokus bagusin museum. Museum kita tuh lembab ada yang (kalau) banjir tergenang,” kata Basuki.

Pada tahun 2014 lalu, lanjut dia, Disparbud DKI menganggarkan penyelenggaraan festival hingga Rp 1,2 triliun. Kemudian tahun 2015, anggarannya Rp 700 miliar.

Tahun ini, lanjut Basuki, Disparbud DKI memangkas anggaran hingga Rp 150 miliar. Sehingga anggaran Disparbud DKI hanya Rp 150 miliar.

“Tahun 2016, dinas (Parbud) nya saja Rp 150 miliar dan ditambah Sudinnya rata-rata Rp 9-10 miliar ya di bawah Rp 300 miliar. Tahun 2014 mereka pesta pora. Tahun 2015, saya malas ribut dengan DPRD dan Kemendagri, diloloskan Rp 700 miliar. Pakai bikin Festival Kota Tua Rp 5-10 miliar, bikin festival musik di Ancol, apa-apaan,” kata Basuki. [Kompas.com]

15 Jam Ahok Pelototi Anggaran SKPD DKI

Pada Rabu (18/11/2015) kemarin, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sengaja mengosongkan agendanya.

Kemarin, Basuki, yang biasanya menerima wawancara wartawan, tidak keluar dari ruang rapat pimpinan hingga malam.

Ternyata, di ruang rapim itulah, Basuki memanggil pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI.

“Kemarin Bapak baru balik jam 12 malam. Rapatnya mah dari pagi jam 9-an lah,” kata salah seorang staf pengamanan dalam Balai Kota, Amsori, di Balai Kota, Kamis (19/11/2015) pagi.

Banyak SKPD yang dipanggil Basuki. Mulai dari Dinas Kesehatan DKI, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI, hingga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI.

“Paling lama Dinas Pariwisata yang ada di dalam. Dari pagi sampai malam. Soalnya UPT nya banyak,” kata seorang staf protokoler DKI, Mansyur.

Rencananya, hari ini Basuki akan memanggil Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. Kemarin, kata Mansyur, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI sudah dipanggil. Namun panggilan itu dibatalkan dan dijadwal ulang hari ini.

Sebelumnya Basuki mengatakan, ia mengosongkan dari Rabu hingga Jumat (20/11/2015). Semua agenda didisposisikan ke Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.

“Tiga hari ini, saya mau cek anggaran.¬†Saya sudah bilang sama mereka (SKPD DKI), kalau ada bahas anggaran dan kalian belum ngerti, ya seminggu ini saya tidak ada terima tamu deh. Saya pelototin (anggaran) satu-satu, kalau enggak kacau lagi,” kata Basuki, Rabu.[Kompas.com]

  • Share/Bookmark

7 Responses to “Ahok Pangkas Anggaran Kegiatan “Enggak Pantas” Dinas Pariwisata”

  1. Ada istilah “mbodo” atau pura-pura bodoh, giliran ngakalin anggaran hebat semia pemikirannya, sampai segitunya…

    Reply
  2. Supaya awet melototnya….Jangan lupa bawa obat tetes mata boss…

    Reply
  3. Pangkas seminimal mungkin yahh, tapi hasilnya bisa maksimal utk DKI

    Reply
  4. jadual penyisiran anggaran “pelototin”

    mesti jadi jadual tetap…

    berapa sudah dikoreksi tuh pak wali..

    aksi nyata.. tuk beresin..negeri

    Reply
  5. jaga kesehatan pak ahok meting sampe malem apalagi pelototin anggaran

    Reply
  6. baru kali ini ngerasa jakarta punya gubernur yang bener2 kerja semangat terus pak ahok

    Reply
  7. Saya masih berumur 18 tahun namun semangat antikorupsi sudah ada sejak kecil ! saya tidak ingin bapak bekerja sendiri!! saya bantuin melototin dechhh hehehhe

    Reply

Leave a Reply