KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS » Ahok Sebut Tumpahan Busa di Jalan Sudirman Kecerobohan

ahok-5Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengomentari soal tumpahan busa di Jalan Sudirman pada Sabtu (6/5/2017) malam. Menurut dia, busa tersebut merupakan kesalahan teknis saja.

“Itu kasus MRT yang ceroboh, jadi ada busa sabun untuk semacam pelembut tanah untuk pengeboran,” ujar Ahok (sapaan Basuki) di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (8/5/2017).

Ahok mengatakan busa-busa itu juga bukan berasal dari zat berbahaya. Namun, ada orang yang lupa menutup kerannya hingga membuat busa itu tumpah ke jalan raya.

“Tapi orang jadi kaget kan. Ada yang bilang apalah. Tapi bagus juga sih videonya kayak salju, he-he-he,” ujar Ahok.

Sementara itu, Direktur Utama PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta William Sabandar memastikan akan memberi teguran dan peringatan pertama bagi pihak kontraktor yang menumpahkan busa mirip salju di Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu malam.

Keputusan ini diambil usai PT MRT Jakarta mengevaluasi kejadian tersebut dan menemukan fakta bahwa peristiwa itu terjadi murni karena kelalaian pekerja konstruksi.

“PT MRT Jakarta sudah memberikan teguran dan peringatan pertama kepada kontraktor atas kejadian ini. Lebih lanjut, kontraktor akan diberi sanksi,” kata William melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (7/5/2017) malam.

Adapun busa yang awalnya dikira warga sebagai salju itu dikenal dengan nama material Kankyo-8. Material ini biasa digunakan kontraktor proyek untuk memudahkan proses pengeboran tanah.

Cara kerjanya, cairan yang dituang akan memisahkan ikatan antarbutiran tanah. Meski merupakan cairan kimia,

William memastikan busa tersebut sama sekali tidak berbahaya dan tak merusak jalan. Dia sempat memastikan dengan memegang langsung cairan busa menggunakan tangannya sendiri. [Kompas.com]

  • Share/Bookmark

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply