Basuki Canangkan HUT ke-488 Jakarta di Kota Tua

2
85

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta mencanangkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-488 Kota Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (31/5) sore. Pencanangan hari jadi Kota Jakarta dipusatkan di Plaza Taman Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua dengan tema Jakarta: Modern, Kreatif, dan Berbudaya.

Basuki didampingi istri, Veronica Tan tiba di Taman Museum Fatahillah disambut kesenian khas Betawi di antaranya Ondel-ondel, Tanjidor, dan Palang Pintu. Turut hadir Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidajat beserta istri, serta Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pencanangan HUT ke-488 Kota Jakarta, Andi Baso mengatakan, kegiatan ini digelar secara serentak di enam kota/kabupaten yang pencanangannya dilaksanakan secara bergilir setiap tahun. “Tahun ini Jakarta Barat ditetapkan sebagai tempat pencanangan HUT ke 488 bertempat di Plaza Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua,” ujar Andi, Minggu (31/5).

Dikatakan Andi, HUT Kota Jakarta ke-488 mengambil tema Jakarta Modern, Kreatif dan Berbudaya. “Dengan harapan agar ke depan Pemprov DKI dan masyarakat ibu kota semakin kreatif, dan semakin berbudaya dengan mencanangkan dan melaksanakan serangkain program pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.

Ia menjelaskan, logo HUT DKI yang ke-488 terdiri dari beberapa komponen di antaraya kobaran api emas, gedung abstrak bertingkat, roda dan lingkaran, daun dan pohon, ondel – ondel, gunung wayang, semar dan naga.

“Sedangkan makna warna yang berada di dalam logo, biru menggambarkan profesionalisme dan kepercayaan yang jernih, merah merupakan yang warna kuat melambangkan energi dan motivasi yang relevan dengan tema HUT tahun ini, kuning melambangkan kesolidatan, emas merupakan keanggunan dan elegan, hijau melambangkan ketenangan,” jelasnya.

Rangkaian HUT ke-488 Kota Jakarta, kata Andi, dimulai tanggal 29 Mei sampai 30 Juni 2015. Ada 34 kegiatan, mulai dari festival kegiatan kreatif dan tradisional, olahraga, acara-acara SKPD dan badan dan lainnya. Kami juga mengajak warga untuk berhias menyambut HUT Jakarta,” tambahnya.

Usai Ketua Panitia HUT DKI membacakan sambutannya, Basuki Tjahaja Purnama didaulat menyerahkan santuan kepada 150 orang anak yatim sebesar Rp 250 ribu per orang, pemberian sebanyak 129 E-KTP serta 40 dokumen Akte Kelahiran bagi warga masyarakat Jakarta Barat, pemberian beasiswa kepada 50 orang pelajar, serta pencanangan keberadaan PHL di kelurahan Provinsi DKI Jakarta.

Dalam pidatonya, Basuki mengaku, dirinya telah dua kali mencanangkan perayaan HUT DKI. “Ini kedua kali saya mencanangkan, tahun lalu saya masih Plt Gubernur. Doakan agar Jakarta Baru bisa segera terwujud, saya ditagih terus sama Pak Jokowi,” kata Ahok dalam sambutannya.

Basuki berharap warga pada perayaan HUT Kota Jakarta tahun 2015 ini dapat memiliki kebudayaan yang lebih baik lagi di tengah-tengah kemajuan ibu kota.

“Kami harapkan masyarakat bisa berpartisipasi. Dengan mengucapkan syukur, Pencanganan HUT Jakarta ke-488, saya buka,” katanya.

Pencanangan HUT ke-488 Kota Jakarta ini ditandai dengan pembunyian sirene secara bersama-sama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama, Drajot Saiful Hidajat, Sekda DKI Saefullah, Walikota Jakarta Barat Anas Effendi dan pimpinan Forkopimda. [Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. Ini “weekend” yang paling lelah untuk PakGub dan jajarannya. Masuk minggu barupun langsung akan disambut demo GMJ, semangat PakGub, have great committed new week!! Sabtu di Tzu Chi paling senang mengapa ada Bang Ara, horas Bang!
    Terimakasih Om Sak always keep us updated!

    • Selamat pagi Pak Anas, jangan lupa selalu mengabdi menyejahterakan JKT, tidur tidak apa, PakGub itu penuh pengertian hanya saja kalau PakGub berang ups langsung menyanyi Pak, jangan lupa lagi! Semangat DKI JKT!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here