Basuki Imbau Pendemo Tak Rusak Fasilitas Umum

1
46

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengimbau massa yang melakukan aksi unjuk rasa hari ini, Selasa (1/9) agar tidak merusak fasilitas umum. Jika kedapatan merusak, dirinya tak akan segan-segan menggugat pelakunya.

Untuk bukti, petugas Satpol PP yang bertugas membantu mengamankan aksi demo akan mendokumentasikan perusakan yang dilakukan oleh massa.

“Imbauannya kita sudah bilang, tolong jangan rusak taman, pot, segala macam, apalagi rusak-rusak lampu gitu. Kalau masih ada itu kami foto, kami gugat,” tegas Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (1/9).

Dikatakan Ahok, dirinya tidak melarang siapa pun untuk menggelar aksi unjuk rasa di ibukota. Terlebih, hal itu merupakan hak warga negara untuk menyampaikan pendapatnya. Namun dalam menjalankan aksinya diharapkan berjalan tertib.

“Kan itu ada penanggungjawabnya. Jadi kalau Anda mau demo jangan sok sembarangan,” ujarnya

Ahok menegaskan, ancaman yang disampaikannya tidak main-main. Terlebih, Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya telah menerapkan 5 tertib (5T), yakni tertib demo, tertib hunian, tertib pedagang kaki lima (PKL), tertib buang sampah, dan tertib berlalu lintas.

“Dulu kita ngancem itu tidak pernah diproses. Kali ini saya mau proses. Saya sudah minta Satpol PP foto semua, kita lapor polisi, ambil tindakan,” tandasnya.

Seperti diketahui, berbagai elemen buruh akan menggelar aksi demonstrasi pada Selasa (1/9) pagi ini. Berbagai tuntutan disampaikan, diantaranya menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP), tolak PHK, turunkan harga sembako dan BBM, serta tolak pekerja asing.  [Beritajakarta]

1 COMMENT

  1. Utk menjaga ketertiban umum drpd aksi demo, sebaiknya pendemo diwakili satu atau bbrp wali yg dipercaya yg mewakili aspirasi para pendemo utk menyampaikan suara ke gubernur di balaikota.
    Kalau sampai aksi demo di jalanan menimbulkan kemacetan lalu lintas maka petugas berwajib hrs turun tangan.
    Demokrasi hrs dibarengi dgn demokrasi yg bertanggung jawab bkn demokrasi liar yg membiarkan demo di jalanan yg menimbulkan kemacetan yg mengganggu kepentingan umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here