KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, LAWAN KORUPSI!, NEWS » Basuki Inginkan UU Pembuktian Terbalik Harta Pejabat

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memimpikan Indonesia memiliki undang-undang tentang pembuktian terbalik harta pejabat dan aparatur sipil negara (ASN).

“‎‎Ke depan Indonesia juga dapat melaksanakan seluruh transaksi non tunai,” kata Basuki saat melepas rombongan Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) bersama Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja di Balai Kota, Sabtu (31/10).

Menurut Basuki, untuk mewujudkan suatu keadilan sosial, Indonesia harus bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).  Karena itu, Presiden Joko Widodo bersama  DPR diharapkan bisa menerbitkan undang-undang pembuktian terbalik harta.

“Sehingga siapapun pejabat di republik ini harus bisa membuktikan asal muasal harta‎nya. Jika tidak bisa, disita untuk negara. Karena persoalan utama bangsa kita adalah korupsi sebetulnya. Tidak ada saling kepercayaan,” ujar Basuki.

Basuki mengapresiasi adanya kapsul waktu sebagai wadah menyuarakan mimpi, harapan dan aspirasi para generasi bangsa Indonesia. Melalui kapsul waktu tersebut, generasi berikutnya diharapkan dapat meneruskan mimpi yang belum diwujudkan generasi saat ini.

“Saya kira ini harapan kami. Generasi berikutnya, bahkan yang belum lahir sekarang bisa teruskan mimpi-mimpi kita kalau tidak kesampaian semasa hidup,” cetus Basuki.

‎Mimpi, aspirasi dan harapan Basuki dibacakan serta ditulis dalam secarik kertas yang selanjutnya dimasukkan ke dalam kapsul waktu.

Di dalam kapsul waktu tersebut, perwakilan siswa sekolah dasar, Paskibraka dan Abang-None Jakarta juga memasukan kertas berisi mimpi, aspirasi dan harapan mereka. Rencananya kapsul waktu itu akan dibawa tim ekspedisi ke Kota Bandung, Jawa Barat, pada malam hari ini.

Selain Bandung, tim ekspedisi akan mengirimkan kapsul mimpi ke seluruh provinsi di Indonesia. DKI Jakarta sendiri merupakan provinsi ke-17 yang dikunjungi tim setelah Kalimantan dan Sumatera.

Pada tahun 2085 mendatang, seluruh mimpi dari generasi bangsa Indonesia masa sekarang akan dibuka kemudian dibaca generasi berikutnya di masa itu. [Beritajakarta]

  • Share/Bookmark

9 Responses to “Basuki Inginkan UU Pembuktian Terbalik Harta Pejabat”

  1. Maju terus, Pak Ahok.. Indonesia butuh Pak Ahok. Tuhan pasti menyertai orang Yg benar dengan motivasi Yg benar seperti Pak Ahok.

    Reply
  2. Hadehhh kapsul… Acara beginian ngabisin duit percuma! Zaman udah canggih. Ada sms, ada email hadehhh…. Kadang heran kebanyakan suka dg basa basi, santun dan ceremonial belaka.

    Reply
    • Saya kira ini penting, tidak akan percuma. Berpikirlah lebih jauh, renungkan….
      70 tahun lagi ketika saya sudah mati, cucu saya yang akan melihat dan membaca semua harapan ini, semoga disaat itu NKRI masih utuh, tidak terpecah menjadi negara kecil2.
      Apalagi kalau semua harapan yang di kapsul bisa terwujud.
      Saya akan mengingatkan anak saya yang masih muda, kelak kalau punya anak dan cucu jangan lupa ingatkan mereka bahwa kakeknya atau buyutnya sangat mengharapkan semua yang tertulis di kapsul bisa terwujud
      Mereka pasti sangat bangga

      Bagaimana dengan cucu dan buyut Aria?

      Reply
  3. setuju 100%… dan smga Pak Ahok senantiasa dlm Sehat lahir bathin…sllu mendpt keselamatan n Lindungan Tuhan YME…AAmiin

    Reply
  4. semua peraturan yang membawa kebaikan untuk orang banyak ya jalankan gak usah takut inikan amanah. karena setiap perbuatan akan dimintai pertanggung jawaban baik didunia maupun diakhirat. dan juga jangan sampai menimbulkan pitnah. yg benar jadi salah dan yg salah jadi benar. entar dikit-dikit ngadu/lapor inikan yg akan membuat tatanan/system kehidupan/kemasyarakatan jadi rusak. oleh karena itu dibutuhkan lidership/pemimpin jujur, adil dan tegas. ahok laksanakan tugasmu dan maju terus selama masih berjalan digaris kebenaran dan tidak menyimpang. ahok ada pr buatmu apa yg diperbuat anak buahmu,lurah senayan dan aparatnya kby baru jaksel. tepatnya hari minggu tgl 01 nopber 2015 di jl.senopati dalam 2 membongkar tempat dagangan saya tanpa pemberitahuan lebih dulu. dan harta bendanya diangkut jga.anehnya hanya punya saya yg dibongkar. Apa tindakanmu sekarang ahok ? dengan kejadian ini. saya tunggu realisasinya dan jangan pake lama-lama. trims ahok dari syafi’i. good luck.

    Reply
  5. Buktikan dulu dari diri sendiri….gitu lho

    Reply
  6. Kalau UU Pembuktian Terbalik Harta Pejabat terwujud maka pemimpin2 di semua lembaga Indonesia di masa depan terdiri dari kaum yg bersih.Inilah satu2nya jalan untuk mengharuskan anggota2 dari lembaga negara, partai2 untuk membersihkan diri sehingga bibit bersih ini bisa ditanamkan, dibesarkan dan diusungkan untuk membawa bangsa ini ke masa depan. Inisiatip UU Pembuktian Terbalik Harta Pejabat harus mendapat tempat di hati nurani pemimpin2 supaya ini terwujud, janganlah hanya melihat kepentingan2 partai.

    Reply

Leave a Reply