KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, LAWAN KORUPSI!, NEWS » Basuki: Jangan Sampai Ada Peluang untuk Korupsi

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji akan menindakalanjuti survei integritas sektor publik 2012 yang dikerjakan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menutup titik rawan korupsi adalah dengan menerapkan sistem pelayanan online. Menurut Basuki, pada Februari 2013, jaringan siber optik yang menunjang sistem pelayanan online akan terpasang di DKI Jakarta hingga tingkat kecamatan.

“Jangan sampai ada peluang untuk korupsi,” kata Basuki di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (11/12/2012) seusai mengikuti pemaparan survei integritas.

Acara pemaparan hasil survei integritas KPK ini diikuti sejumlah instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Basuki melanjutkan, sistem online nantinya diterapkan ke semua lini pelayanan, termasuk Puskesmas, kantor kelurahan, dan kantor kecamatan.

Mengenai hasil survei KPK, Basuki mengatakan kalau Pemrov DKI mendapatkan nilai yang tidak terlalu baik namun juga tidak terlalu buruk. “(Nilainya) di tengah-tengah. Yang disurvei itu soal SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), IMB (Izin Mendirikan Bangunan), dan pengadaan KTP (Kartu Tanda Penduduk),” katanya.

Menurut Basuki, hasil survei KPK ini tidak mencerminkan pelayanan Pemrov DKI secara keseluruhan. Pasalnya, kata Basuki, yang disurvei KPK hanya tiga jenis pelayanan tersebut sementara di DKI Jakarta ada 172 unit pelayanan. “Kalau cuma tiga yang disurvei kan tidak mencerminkan. Kalau KTP masih Mendagri, SIUP sudah baik, dan IMB itu tahun depan bisa diselesaikan secara online,” tambahnya.

Pria berkacamata yang biasa disapa Ahok itu menambahkan, tidak ada catatan khusus yang disampaikan KPK kepadanya selaku perwakilan Pemrov DKI. Sebagai catatan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini menyambangi Gedung KPK. Dia berdiskusi dengan pimpinan KPK terkait dengan terkait dengan rencana KPK menjadikan DKI Jakarta sebagai model pencegahan korupsi di pemerintahan daerah.[Kompas]

  • Share/Bookmark

38 Responses to “Basuki: Jangan Sampai Ada Peluang untuk Korupsi”

  1. peluang tetap ada. tidak bisa dihilangkan biar sistem apapun. yaitu otak kotor orangnya. ujung2nya SIAPA ORG DIBALIK PISTOL juga. ganti SDM PNS lapis kedua aje langsung.
    yg lama sudah kalah dan mati. harus diganti dg yg menang dan baru.
    dismua lini.
    spy bnr2 baru.
    ganti sistem baru tapi pemainnya org dr sistem lama..???? pkr aje sendiri !!!!

    Reply
    • Yaktul, sistem apapun juga akan dikadali oleh orang2 yg berjiwa korup. Negosiasi tidak akan dilakukan dikantor tapi dilapangan golf, dihotel, dicafe, dll. Khusus DKI Jkt, pemotongan anggaran sebesar 25% sd 30% masih memberikan margin yg bagus bagi rekanan. Tak kalah pentingnya, ganti SDM yg selama ini menangani proyek2 Pemda DKI. Pilih orang baru dng seleksi yg ketat dan awasi proyek sejak pelelangan sampai penyerahan pekerjaan.Semoga bung Ahok mendapatkan orang2 yg tepat, the right man in the right place.

      Reply
  2. Memang sih system online gak menjamin 100% kurupsi mati….tapi bolehlah dicoba… show must go on…

    Reply
  3. Yg penting itu keteladanan seorang pemimpin. Jokowi dan basuki sdh okay sbg gubernur dan wagub dki. Kelak, saat rhoma irama bisa benar2 memimpin negri kt sbg komandan tertinggi (presiden ri), sy percaya itu adl saat bg negara kt u/ unjuk gigi. Dg smua org bersih dan bijak dlm memimpin, kt percaya bkn hny jakarta br yg dpt diwujudkan, tp jg indonesia baru yg bersih, transparan, dan profesionalisme serta rakyat yg hidup makmur penuh rahmat.

    Reply
  4. sebnarnya manajemen yg bersih tidak korupsi dengan membuat sistem online yg bagus DAN YANG TERPENTING MENGGANTI BARU SEMUA ORANG2 YG SUDAH RUSAK JIWA DAN MENTALNYA DAN AHLAK KORUPTORNYA. DIGANTI BERSIH SEMUA DENGAN ORANG2 YANG MENTALNYA DAN JIWANYA BERSIH SEPERTI CONTOHNYA BAPAK JOKOWI DAN AHOK.MANUSIA BERJIWA SEHAT DAN JUJUR,DI INDONESIA MASIH BANYAK STOCK MANUSIA BERSIH DAN JUJUR,PANDAI,BUAT APA PERTAHANKAN PEJABAT DAN PENGAWAI NEGERI YG MENTALNYA DAN JIWANYA SUDAH RUSAK MANUSIA KORUPTOR BEJAT MORAL,GANTI SEMUA OKNUM YANG BEGITU.APA SUSAHNYA MENGANTI YG BEJAT2 .TIDAK USAH TAKUT ATAU SUNGKAN2.

    Reply
  5. apa,roma irama mau dijadiin presiden,ga salah tu bro yang ngomong,apa dia selama ini pernah berbuat apa untuk rakyat dan negara,nyatanya ada perselisihan antar kampung aja ga mau turun tangan misahin atau menjadi penengah,koq diam aja,kalo seorangyang mau jadi pemimpin yang betul2 dicintai rakyat ,berbuatlah sesuatu yang betul2 untuk rakyat bukan melalui lagu2 yang notabenenya untuk kantong sendiri,ada musibah dimana diam aja,berbuat dong deduatu untuk warga yang ketimpa musibah jangan diam aja, kmalo ngomong boleh bisa nyatuin umat,umatnya yang mana

    Reply
    • Masalahnya u/ saat ini memang blm timing rhoma irama untuk selesain permasalahan, misal ada perseteruhan krn memang beliau kan blm menjabat apa2, jd kl dia mau ikut2 mendamaikan, malah ntar bnyk terima kritik.
      Jika suatu saat rhoma menjabat misal presiden ri, ceritanya pastu beda. Smua permasalahan indonesia pasti beliau bs selesaikan. Ingat rekam jejak beliau sbg pemimpin umat, tiada pernah seklipun ada celah korupsi lah, dll.
      Sy kira kt mesti adil untuk memberi beliau kesempatan. Ingat rhoma irama bukanlah org kmrn sore dlm hal politik. Jauh2 hr beliau sdh berpengalaman dlm menghasilkan norma2 baik dlm perundang undangan di negri kt saat beliau menjabat wakil rakyat.
      Terbukti lg bnyk partai yg ingin mengusung beliau untuk jd presiden, ken mrk th poteni apa yg beliau miliki.

      Reply
      • Jika suatu saat rhoma menjabat misal
        presiden ri, ceritanya pastu beda. Smua
        permasalahan indonesia pasti beliau bs
        selesaikan… Dari kalimat ente aj menganggap rhoma trlalu brlebih “Smua permasalahan indonesia pasti beliau bs selesaikan” MEMANGNYA DIA TUHAN.. Mau comment tp qo BEGO ya, otaknya jangan taruh di dengkul gan, taruh aj di pantat,, pasti baunya mantep tu… Ya ampuuun, qo bs bikin email tp BEGO ya…Jika suatu saat rhoma menjabat misal
        presiden ri, ceritanya pastu beda. Smua
        permasalahan indonesia pasti beliau bs
        selesaikan

        Reply
    • wah setuju mana sanggup Rhoma jadi Presiden, jawab pertanyaan dangkal dari Najwa aja gak sanggup, Pantesan Drop Out dari Untag, dari wawancara aja ketahuan intelektualnya ga layak untuk lulus. Sampe dibilang bibit-bebet-bobot ga mampu untuk jadi presiden.

      Belum lagi masalah ketahuan selingkuh…., bayangkan orang sudah di tidak jujur di rumah tangga pasti tidak akan jujur di publik, orang nggak punya integritas.

      Lirik lagu dijadikan patokan (isi moral di kepala penyanyinya), banyak tuh juga tuh lirik lagu yang bagus dari penyanyi lain yang terkenal, tapi di kehidupan nyata bobrok.

      Yang Bener bagaimana kehidupan pribadinya selama ini, apa lurus-lurus aja apa tukang serong tuh penjahat kelamin.

      Kalo istilahnya Mario Teguh, ORANG TIDAK JUJUR 1 RUPIAH, PASTI DIA TIDAK AKAN JUJUR 1 TRILYUN.

      Reply
  6. maju terus deh.. moga bisa menginspirasi pemimpin yg lain

    Reply
  7. Banyak celah untuk korup, krn dilakukan secara bersama-sama (mafia)di mana saja, jadi hrs banyak mata dan mafianya acak2 di mutasi ke semua wilayah, jd tdk di satu wilayah lg,ini cara cepat selanjutnya sistim d perbaiki, (sebaik2 sistim jika manusianya rusak ya tetap aja rusak, karena lebih banyak yang rusaknya), maaf bila ada kesalahan

    Reply
  8. Dengan sistem online maka peluang berbuat kecurangan semakin kecil…………, pegawai yg masih melakukan… namanya NEKAT.

    Reply
  9. di sekolah dasar masih banyak Pungli ke sekolah Pak , membuat laporan keuangan berantakan.
    Pungli tersebut juga di jadikan kambing hitam kepala sekolah dan Bendahara buat Korupsi .
    di akhir tahun biasanya ada Verifikasi .
    sebaiknya bapak menurunkan orang yg dapat di percaya untuk ikut Memeriksa Keuangan Sekolah2

    Reply
    • Pungli di Sekolah SD SMP dan SMA harus diberantas , tolong Hot Line Pengaduannya PAK WAGUB. Dan Tindak Yayasan Pendidikan yg korup. dan audit keuangan di Sekolah, oleh auditor terpercaya Pastinya. Kalo Pake orang / Pengawas yg sekarang ane masih Ragu.

      Reply
  10. Bapak Gub/Wagub yth:
    Saya penduduk Johar Baru Rt10 Rw 06,jakarta pusat yg sampai ini menderita kebanjiran diwaktu jumat sore tgl:14-12-2012,setinggi dengkul orang dewasa.Mungkin salah satu area di JakPus yg masih kebanjran,kami mohon dg hormat Bp bisa mendelegasikan ke siapa kami harus mengadu atau minta hotline nya,sy di no:08121955385.tks bnyak ats perhatian Bp Yth.

    Reply
  11. LAWAN KORUPSI PAK DENGAN PERIKSA LURAH DAN BENDAHARA KELURAHAN !!!! BANYAK MALING UANG RAKYAT,,APBD TIDAK TEPAT SASARAN.. PERIKSA SPJ BODONG 10THN KEBELAKANG !!! KERJA SAMA DENGAN KPK !!! BANYAK SPJ PALSU !!! MULAI DARI JAKARTA PUSAT !!! SMOGA TIM ADMIN BISA MENYAMPAIKAN KEPADA PAK AHOK,,,TRIMS

    Reply
  12. Pemaparan Kasus korupsi pada Dinas Kebersihan dapat anda lihat di sini >> http://www.facebook.com/inboxtvberita atau http://www.facebook.com/groups/inboxtv/

    Reply
  13. setuju dgn pertanyaan mas Ari. TDK setuju rhoma irama jd RI 1. Ngurus jkt aja udh rumit gimana mau ngurus 1 negara bagi seorang drop out. Menjawab pertanyaan paling dasar dr najwa aja tidak mampu. Apa nasib bangsa kita nanti kalo cuma tau berdangdut n poligami. Ngaca dulu donk sblm nyalon jd capres. Ujung2nya cuma mempermalukan diri sendiri atau jgn2 urat malu nya udh putus ya alias gak tau malu

    Reply
  14. Terus terang saya suka sekali sama Jokowi-Ahok, terutama adanya WEB ini.

    Saya sangat sedih dengan prilaku khususnya para pendidik di Jakarta ini yang masih saja berupaya untuk KORUPSI. Sungguh udah ngak punya urat malu dan takut.
    Ini kejadian pada diri saya sbb :
    Anak saya tahun ajaran baru kemarin untuk masuk SMA Negeri nilainya Mencukupi, tetapi karena terlambat mendaftar dikarenanakan ada kesalahan informasi maka pada semester pertama anak saya sekolah di SMA Swasta dan saya harus bayar 6.5 jt untuk itu ditambah uang sekolah 6 x 500.000 = 3JT Total 9.5 jt semua selama 6 bulan ini.
    Dikarenakan ada kesempatan untuk pindah ke SMA Negeri dengan melalui tes kamampuan anak saya berhasil diterima dan sudah 2 minggu ini sekolah di SMA Negeri. Alhamdulillah karena saya sudah ngak punya beban lagi untuk bayar uang sekolah karena SMA Negeri GRATIS biaya bulanan. Tapi yang jadi masalah hari ini anak saya dipanggil Wakil Kepala Sekolah, dan beliau pesan ke Anak saya ” KAMU HARUS BAYAR 10jt dan Tolong bilang kepada Orang Tua Kamu” tanpa diberikan tanda tagihan… atau semacam surat. Jawaban saya tadi sama anak saya ” BESOK MINTA WAKIL KEPALA SEKOLAHNYA UNTUK DAPAT MEMBERIKAN RINCIAN UANG 10 JUTA DIMAKSUD UNTUK APA SAJA BARU PAPA BISA BAYAR” Dengan kejadian ini saya berfikir ternyata masih ada yang ingin coba-coba.
    Rencana saya kalau Wakil Kepsek memberikan rincian pembayaran yang 10 Juta, saya akan bayar dan kemudian datang ke kantor Bro Ahok buat kasikan tanda terimanya. Kira-kira langkah begini tepat ngak… Mohon masukan teman2 disini, Terima kasih, Salam

    Reply
    • Saya belum tau berapa persisnya pendapatan seorang GURU atau Wakil Kepala Sekolah per bulan Di Jakarta. Kayaknya ini perlu di jelaskan juga … mana tau memang kurang… kasihan juga mereka .. Kalau ada info melalui WEB ini saya sangat terima kasih sekali. Supaya langkah saya lebih Objektif.
      Terima kasih semua

      Reply
      • Setelah saya lihat / baca beberapa pengaduan di WEB ini. Tapi kok ngak ada tanggapan dari yang punya WEB. Apakah saya salah tempat ya.. ?? untuk curhat disini..

        Reply
        • semua curhat sampai ke btp, yg curhat per harinya ribuan bro jadi untuk menanggapi tidak bisa lansung semuanya, tapi dijamin pasti di baca – ahok.org

          Reply
  15. hukum mati korupsi itu harga mati di negri ini dan untuk masa depan bangsa ini .

    Reply
  16. Ane sebagai orang IT yang kompeten sedunia dalam berita ­čśÇ seharusnya negara sudah mampu membuat System Online Integration (SOI), ini untuk menghambat kebocoran markup/korupsi,
    Sebagai contoh: bila ada project besar/kecil yang di ambil dari APBN, penerima´╗┐ tender harus mengisi from online dan menyertakan nilai jual barang/jasa, SOI bisa bekerja sama dengan bank atau mendirikan data centre pusat negara (uang APBN).

    Sebagai mana pengeluaran apbn bagi pemenang tender, harus ada approval online ataupun bisa hardcopy ke pejabat2 terkait´╗┐ sampai level presiden (bila diperlukan), teknis pengeluarannya melalui system tersebut langsung direct menuju tepat sasaran rekening pemegang tender.

    Saya pikir Depkominfo terlalu kebanyakan blusukan study banding ke LN, tidak terlalu memikirkan SOI atau apalah seperti ini.
    Kalo saya jadi Mentri depkominfo atau jadi Presiden akan saya buat SOI, setidak nya mengambil contoh mulai dari MPR/DPR -> dan berikutnya seterus nya ke APBD -> sampai kelurahan. Berikutnya saya kembangkan lagi di tinggkatan2 dinas pemerintahan pusat/daerah bila menyangkut sumber uang´╗┐ negara, seperti penerimaan, pengeluaran dll.

    Makanya negara sudah sangat malu hutang masa hutang negara hampir mencapai 1,5jutaan trilliyuuuun (bayangkan itu)
    Jika ane jadi Presiden, walaupun tidak kompeten´╗┐ urusin tata negara/kota dan hukum, system ini setidak nya, berkat di ilmu IT sudah sangat menguntungkan keuangan bagi negara.

    Bang Ahok bagi kerjaan dunk hehehe tlp ane 021.9220.1883

    Reply
  17. Pak, kami mau lapor mengapa kalau kita urus ijin baru atau perpanjangan ijin reklame di Jl. A. Muis, selain kita bayar uang yang ditetapkan dalam SKPD kita tetap harus bayarkan uang koordinasi sebesar Rp. 1jt. katanya untuk biaya survei, makan, bensin, dll. Padahal kita sudah punya ijin konstruksi. Setiap kali kita mau urus ijin2 reklame tsb selalu banyak tambahan uang diluar SKPD belum lagi tips yang diminta nilainya bukan Rp. 50.000.- Bolehkah kami minta perhatian Bapak Djokowi – Bapak Ahok untuk membenahi masalah ini di tpt pembuatan ijin tsb. Tks.

    Reply
  18. betul setuju sekali,,,, jangan sampai peluang korupsi itu terjadi… awasi betul betul mereka2 para oknum yang bekerja di lapangan… jangan biarkan peluang itu terjadi… biasanya yang saya tahu orang korupsi karena ada peluang dan tidak ada yang mengawasi… jadi jika di buat online… buka hanya instansi2 terkait yang mendapatkan laporan… tapi masyarakat juga bisa menegur mereka yang ingin atau terindikasi akan melakukan korupsi… siap mendukung lahir batin kebijakan2 pemerintah yang notabene ingin mensejahterakan rakyat…bukan hanya memperkaya diri sperti para anggota dpr… membuat undang undang dan kebijakan kebijakan hanya untuk perut mereka dan keluarganya… masing masing… dan undang undang yang mereka buat sama sekali tak bermutu… hanya jadi celotehan belaka dan ujung ujungnya kamu ambil bagianmu dan aku ambil bagianku… sama sama pengkorupsi di larang mengganggu… itu slogan lama di indonesia … apa lagi mereka yg …. di gedung … sudah banyak buktinya…

    Reply
  19. Pak Ahok, tolong sidak staff disekitar Balaikota bapak, ternyata korupsi alias PUNGLI masih hidup juga; http://jakarta.kompasiana.com/layanan-publik/2013/02/18/ironis-pungli-ternyata-masih-ada-di-balaikota-dki-534908.html

    Reply
  20. Semoga jakarta baru menjadikan birokrasi di pemda dki lebih reformis dan meninggalkan perilaku2 yang tdk terpuji. …

    Reply
  21. Memang enggak gampang untuk memberantas korupsi yang sudah merupakan bahaya laten bangsa, tapi kami tetap bangga, untuk setiap langkah-langkah yang Bapak ambil
    tetap semangat !
    Bravo Joko Wi – Ahok ! ­čśÇ

    Reply
  22. Bp jokohok,,Ri1 Ri2 di 2019,,kami di branda depan nkri menunggumu pak,,,
    kami di parbatasan butuh pengayom pemimpin sepertimu pak,,agar kami punya jalan layak,,punya listrik,,punya sinyal komunikasi di kampung2,,,
    sehat selalu pak,,,kami menunggumu.!!!!!!!!

    Reply
  23. Ini dia pemimpin yg tegas, ayo pak berantas smua koruptor ­čÖé

    Reply
  24. pasang aja camera cctv di setiap instansi pak,biar tau rasa para koruptor bejat itu,lagi pula banya para pejabat pemerintahan yng menggunakan fasilitas negara,yng di biayai,dibeli dri hasil pajak rakyat buat kepentingan pribadi di luar jam dinas mereka,contohnya saja kendaraan/transport ber plat merah.selalu mondar mandir di jln raya setelah jam krja/malam hari,apa itu bkn korupsi?….

    Reply
  25. kalo dapat,,,, di semua propinsi,ada kembaran jokowi & ahok,biar negri kita gk jadi hinaan negara lain/tetangga….
    semoga jokowi & ahok tetap sehat dn tetap ingat selalu dngn janji2 kampanye nya,hidup jokowi/ahok…..

    Reply
  26. Korupsi itu hanya salah satu akibat dari brengseknya sistem hukum. Kalau benar-benar mau brantas korupsi contoh saja malaysia. Dimulai dari menggantung gembong narkotik. Namun untuk menggantung orang, mulai proses penyelidikan, penyidikan, pemberkasan perkara, penuntutan, pengadilan, vonis sampai esekusi harus di ” blow-up ” agar masyarakat dunia tidak mengganggap indonesia gantung orang melanggar hak asasi manusia. Vonis Pengadilan Negeri gantung, Pengadilan Tinggi gantung, MA juga Gantung. Saat itu hak presiden rehabiltasi, amnesti dan abolisi gak boleh digunakan. Pelaksanaan eksekusi di lakukan di depan masjid dan orang-orang boleh nonton.. biar jera.. Setelah Narkotik giliran Korupsi… tapi kalau berani kalau gak berani ya… gak usah saja

    Reply
    • Pak Basuki Tjahaya Purnama, tlg diperhatikan insentif buat guru2 swasta di DKI seringkali sangat terlambat kami terima.Walaupun nominalnya kecil sangat mendukung kami sbg tambahan biaya transpotasi.Kadang sampai 6 bulan baru diterima. Kalau begini macet dimana pak?Bisakah ditegor instasi terkait yang bertanggung jawab tentang hal ini. Kami harus ngutang dulu dan yang menyedihkan insentif ini sdh 7 bulan itu gak saya terima. tolong bantu kami pak agar kami dapat melaksanakan tugas dengan baik dan keluarga kami tidak terjerat hutang terus. terima kasih.

      Reply
  27. Selama ini mengurus ijin dan lain2 itu selalu dipersulit, karena tidak ada syarat yang jelas terpampang, trus paling lama siapnya kapan… Nah ini yang selalu jadi permainan para pejabat2 bersangkutan… Pembuatan paspor sudah banyak kemajuan karena sudah tertera jelas syarat dan waktu siap yang jelas setelah syarat2 lengkap dan permohonan diterima maka pejabat bersangkutan tidak bisa main2 buat lama siapnya… Karena sudah ada tanggal matinya… Makin banyak aturan yang tak jelas, maka makin banyak kesempatan oknum2 ini bermain…

    Reply

Leave a Reply