Basuki: Kena Uap Laut Bisa Karatan? Ini Besi apa Seng?

22
217

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan telah membahas masalah kerusakan pada onderdil transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB). Ia bersyukur karena Pemprov DKI Jakarta belum membayarnya secara penuh, baru sekitar 20 persen sebagai uang muka.

Basuki mengatakan, apabila bus itu memiliki spesifikasi yang tidak baik, maka Pemerintah Provinsi DKI tidak segan-segan menolak dan memulangkan kembali bus yang telah didatangkan tersebut. “Biar mereka rugi sendiri, memang kita pikirin? Mana ada kena uap laut bisa karatan. Ini besi apa seng?” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (10/2/2014).

Mengetahui adanya kekurangan ini, Pemprov DKI Jakarta tidak langsung menyetujui perjanjian pengadaan bus selanjutnya. Basuki mengatakan, kini Inspektorat DKI telah memeriksa dan mengawasi pengadaan bus melalui agen tunggal pemegang merek (ATPM) PT San Abadi. Jangan sampai, ada oknum Dinas Perhubungan DKI yang sudah tahu ada kerusakan pada onderdil, tetapi tetap terima.

“Masa sudah karatan barang segede gajah begitu enggak kelihatan? Kan gila,” ujar Basuki.

Basuki mengatakan, DPRD DKI Jakarta tidak memenuhi usulan Pemprov DKI untuk mengadakan 3.000 bus sedang dan 1.000 transjakarta. Tahun ini, DPRD hanya menyetujui pengadaan sekitar 750 transjakarta dan 2.500 bus sedang.

Pemprov DKI akan melakukan pengadaan barang melalui katalog digital oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Basuki menginginkan agar Pemprov DKI memiliki barang dengan harga terjangkau, tetapi awet hingga 20 tahun mendatang. Bus-bus baru itu akan dikelola oleh PT Transjakarta, dan Pemprov DKI memberikan penyertaan modal pemerintah (PMP) dalam APBD untuk badan usaha milik daerah itu.

“Kalau bus rusak model kayak begini kita terima, enggak sampai setahun sudah jebol. Orang lewati laut saja sudah karatan. Ini Jakarta loh, kan gila,” kata Basuki.

Secara terpisah, Direktur PT San Abadi Indra Krisna mengatakan, berkaratnya beberapa komponen transjakarta disebabkan cuaca buruk saat pengapalan. Pengiriman bus dari China sedianya memakan waktu dua pekan. Akibat cuaca buruk, pengirimannya molor menjadi 6 pekan.

“Barang apa pun, kalau kondisi 6 enam minggu berada di sekitar laut, pelabuhan, atau di laut dengan kondisi angin laut, akan berdampak negatif. Maka, yang terjadi adalah beberapa minor komponen mengalami karat,” kata Indra di Balaikota Jakarta, Senin.

Dari 90 bus baru transjakarta yang sudah beroperasi, ada lima bus yang komponennya mengalami kerusakan. Sementara itu, dari 30 bus baru untuk BKTB, 10 unit di antaranya mengalami kerusakan onderdil. [Kompas.com]

22 COMMENTS

  1. Memang uap garap dari laut bisa jadi penyebab utama karat.Terutama jika kondisi lembab/basah,kering yg berulang yg dapat meyebabkan oksidasi terhadap pelat besi. Walaupun telah di cat. Sangat penting adalah pemilihan jenis cat yg digunakan.lihat cara pabrikan mobil indonesia kalau mengirim via kapal. Cari referensi apa saja yg disiapkan sebelum pengapalan. Baik sekali jenis cat yg digunakan telah di uji namanya “painting qualification test”

  2. ahh itu ide basi saja.yang beli itu dia minta harga murah lagi sama perusahan.jadi perusahan cina kasi barang ga bagus.yang bilang kana angin laut itu kayaknya ga cocok jadi atasan.cocoknya jadi tukang parkir kalau ada yang nanya jalan dia bisa asal nunjuk jalan

  3. Pak anda ditipu….itu satu bis harganya 2m lebih..merk china…buset…scania aja lbh murah. Itu dpt volvo terbaru….harga segitu kalo dibeliin hino jg kemahalan…wah kalo untung jangan segede itu donk…duit rakyat oey….untung ya untung tp yg wajar…itu mah kelewatan….pak ahok ente ketipu mentah mentah

  4. Solusinya :
    1. Jangan dibayar kalau belum 100% selesai sesuai kontrak.
    2. Bis yang rusak ditahan dulu dan minta penggantian dengan yang baru (ditahan agar pasti dapat yang baru)
    3. Minta team KPK ikut melakukan audit.

  5. mas sih engga tau kalo ini bus buatan cina? ngeles aja nih pak ahok. seinget saya dulu pak ahok meremehkan produksi bus lokal yg buatan karoseri malang, dan memuji2 buatan cina yg murah dan kuat katanya…engga usah ngeles pak, kesalahan bawahan juga pasti krn kebodohan atasannya…

    • hei dasar provokator, tolong kalo mau buat ribut jangan di website ini ya, kita2 yg disini sekalian semua pada pengen terwujudnya JAKARTA BARU, sampeyan kalo kerjanya cuma tau ganggu dan komentar negatif ya mending cabut aja dech dari DKI.

    • ga ada bus buatan lokal mas!, kita belum bisa bikin mesin mobil+chasis, biasanya yang dipakai oleh industri karoseri indonesia (karoseri di sini bikin body bukan bikin mobil)itu dengan basis mesin dan chasis bermacam macam, di daerah kebanyakan pakai hino dan dongfeng mercy dll

  6. Yah kalo d China mau pesen barang kaya apa aja bisa tp tergantung harga tolong kalo yg mau coment Pakek otak
    Masalah bus lokal bisa juga jd ide tp layaknya pembeli cari murah tp punya kualitas
    Tp saya jempol buat Pak ahok untuk penyeleksiannya bagi saya ini salah satu bukti Anda bekerja

    • maaf, tidak ada itu bus lokal, yang ada karoseri lokal, artinya hanya bikin body, itupun saya ragu berapa banyak bagian body yang dibuat menggunakan mesin press. selebihnya main potong plat dan las secara manual.

  7. klo gk salah dulu knp pak jokowi ambil dari cina karena pak jokowi pengin bussway baru segera mengaspal maka diambilah dari produsen cina yg memang mampu menyediakan sesuai permintaan klo ambil dari lokal target waktu kelamaan ( urusan karoseri,uji kelayakan,ijin pusat,dll…) ahok jg pernah ngomong masalah ini dulu kok knp ambilnya cina bukan lokal coba buka2 lagi arsip youtube pemprov dki yg bagian ahok doorstop sama wartawan gw lupa tgl dan bulan yg jelas awal2 2013 jd klo ada yg nuduh ahok tukang ngeles dan plin plan sebelum keburu nafsu nuduh silahkan riset dulu youtube pemprov pantengin semua omongannya ahok sebelum mau menjudge,klo masalah buss cina bisa karatan gara2cuaca kyknya agk absurd kan importir cina,bea cukai yg berwenang setempat punya prosedur pengapalan sendiri kyk dikemas pk apa,gmn supaya tahan lama dlm jangka waktu tertentu ini bukan cuma karat tapi emg ada komponen dan onderdil yg tdk secara proper terpasang ini hrs diusut!

  8. pak ahok sebaiknya belajar bikin pernyataan yang baik, buat rakyat kecil mungkin tidak terlihat menjadi masalah, tapi buat yang terpelajar, malah terkesan lucu, dimana mana yang namanya besi (fe) pasti berkarat kalau terkena uap air garam, sebaliknya seng (zn) malah tidak berkarat, jadi pernyataan anda itu terbalik-balik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here