Basuki: Pemberantasan Sarang Nyamuk Harus Ditingkatkan

3
69

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menegaskan ibu kota belum masuk dalam Keadaan Luar Biasa (KLB) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena peningkatan jumlah DBD di Ibukota belum signifikan.

“Belum KLB, karena jumlah di tahun lalu masih sama kok,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/2).

Basuki meminta agar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ditingkatkan. Dengan demikian perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti bisa dibatasi. “PSN harus ditingkatkan. Karena nyamuk akan berkembang ditempat yang airnya bersih,” ujarnya.

Basuki mengatakan, pihaknya juga telah menaikan gaji Juru Pemantau Jentik (Jumantik) hingga Rp 500 ribu. Namun gajinya tersebut disesuaikan dengan rumah yang diperiksa. “Jadi setiap rumah kami hargai Rp 10 ribu,” ucapnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat hasil penyelidikan epidemologi di 44 kecamatan di DKI menunjukkan adanya peningkatan pasien DBD dibeberapa kecamatan.

Di Jakarta Pusat saat ini terdapat 53 pasien DBD, dan yang paling banyak ada di Kecamatan Johar Baru sebanyak 13 pasien. Di Jakarta Utara sebanyak 92 pasien dengan paling banyak ada di Kecamatan Koja sebanyak 31 pasien.

Sementara di Wilayah Jakarta Barat terdapat 133 pasien dengan paling banyak ada di Kecamatan Cengkareng sebanyak 42 pasien. Wilayah Jakarta Selatan sebanyak 157 pasien dengan Kecamatan Kebayoran lama 24 pasien.

Untuk di Jakarta Timur sebanyak 176 pasien dengan paling banyak ada di Kecamatan Pulogadung sebanyak 30 pasien. Sementara untuk di Kepulauan Seribu belum ditemukan kasus DBD. [Beritajakarta]

3 COMMENTS

  1. PAk Ahok, hati-hati sepertinya ada yg memakai strategi, membenturkan Anda dgn lawan2 politik anda… Seperti pernyataan Lulung, diberbagai media, yg mengatakan Ahok berbohong… padahal direkaman wawancaranya, lulung mengatakan, JIKA dia TIDAK DATANG KEPERSIDANGAN takut nanti Ahok berbohong…

  2. penyebab ada nyamuk adalah genangan air tidak mengalir yg terbuka.jadi gampangnya biar ga ada nyamuk.smua saluran air tidak boleh diam.harus mengalir terus dan lancar.area yg sering dbd saluran airnya mesti di cek.mungkin tersumbat.atau desain kemiringan terlalu kecil.harusnya dibuat curam agar air gampang mengalir.dan gampang dibersihkan dari sampah yg menyumbat.& yg terbaik sharusnya ada ikan yg makan jentik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here