Basuki Soal Penyelenggaraan "PRJ Senayan"

6
75

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah menegur Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat perihal pemberian izin untuk penyelenggaraan Pesta Rakyat Jakarta (PRJ) di Senayan, Jakarta. Bahkan, lanjut dia, Djarot tidak berkoordinasi sama sekali perihal pemberian izin penyelenggaraan PRJ Senayan. 

“Makanya saya sudah tegur pak Wagub. Sebetulnya Wagub itu secara jujur menyalahi aturan, dia tidak bisa mengeluarkan surat izin atas nama Pemprov DKI dan yang berhak mengeluarkan izin itu hanya Gubernur,” kata Basuki di Balai Kota, Senin (1/6/2015).

Basuki juga mempertanyakan pernyataan Djarot kepada wartawan yang menyebut bahwa mereka berdua telah berkoordinasi untuk memberi izin penyelenggaraan PRJ Senayan. Dengan demikian, lanjut Basuki, penyelenggara PRJ Senayan-lah yang mendapat banyak keuntungan.

Selain didukung Djarot, mereka juga sembarangan mencatut lambang Pemprov DKI. Padahal, tiap pedagang atau pelaku usaha kecil menengah (UKM) dikenakan biaya sewa tenda mulai dari Rp 2-50 juta selama tujuh hari penyelenggaraan. Dalam hal ini, selain Pemprov DKI, pedagang juga dirugikan atas penyelenggaraan PRJ Monas.

“Mereka ditarik Rp 2 juta dan listrik semua enggak dipenuhi penyelenggara. Makanya saya bilang ke pak Wagub, kita sudah pernah coba di Monas waktu itu sama pak Jokowi. Jadi ini semua dimanfaatin mereka untuk cari duit doang, kurang ajar, mereka cuma cari untung,” kata Basuki.

Dia mengimbau kepada Djarot untuk tidak mengulangi hal serupa. Ia tidak menginginkan Djarot asal memberi izin atau membuat kebijakan tanpa sepengetahuan dirinya.

Tahun depan, lanjut Basuki, tidak boleh lagi ada penyelenggaraan PRJ serupa dan Djarot tidak boleh mengeluarkan izin serupa seperti tahun ini.

“Enggak boleh lagi keluar surat pakai Wagub, enggak ada cerita surat dari Wagub. Kok bisa dia main tanda tangan saja. Apalagi Wagub untuk kasus Pak Djarot ini, saya yang melantik, lho. Wagub DKI itu enggak beda dengan Deputi Gubernur sebetulnya,” kata Basuki.

PRJ Senayan diselenggarakan mulai 30 Mei-5 Juni 2015. Warga yang akan menikmati hiburan di PRJ Senayan pun tidak dikenakan biaya alias gratis. Akan ada tiga panggung hiburan dengan penampilan 50 artis, seperti Zaskia Gotik, Wali, Siti Badriah, Kerispatih, The Virgin, dan lain-lain. [Kompas.com]

Penyelenggara PRJ Senayan Hanya Cari Untung

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memandang penyelenggara Pesta Rakyat Jakarta (PRJ) hanya mencari keuntungan semata. Pasalnya, lanjut dia, banyak pihak menganggap PRJ yang diselenggarakan di Senayan itu merupakan acara Pemprov DKI.

“Banyak pihak yang tidak mengetahui, makanya mereka pintar mencatut nama Pemprov DKI biar orang-orang mau ikut (berjualan di PRJ Senayan),” kata Basuki, di Balai Kota, Senin (1/6/2015).

Sayangnya, setelah banyak pihak tergoda untuk berdagang di sana. Mereka baru mengetahui kalau sewa tenda selama tujuh hari ditarik dana sekitar Rp 2 juta hingga Rp 50 juta.

Terlebih mereka mencatut lambang Pemprov DKI di media promosi, seperti spanduk, poster, serta flyer. Sehingga banyak pihak beranggapan Pemprov DKI-lah yang sudah menarik dana untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM) berdagang.

“Setelah banyak orang ikut (berjualan), mereka (penyelenggara) tidak menyediakan listrik, tidak ada promosi, dan kelihatan sekali mereka hanya mencari untung saja,” kata Basuki kesal.

Sebelumnya Project manager PRJ Senayan Indra Maulana membenarkan bahwa pengusaha mikro kecil dan menengah harus membayar uang sebesar Rp 2 juta untuk tujuh hari. Hal tersebut merupakan akumulasi dari sewa lahan, tenda, dan listrik.

Namun dana itu hanya untuk pedagang yang menyewa tenda kecil. Sementara, khusus untuk pengusaha yang menggunakan tenda kerucut ukuran 3 x 3 meter persegi, harus membayar Rp 20 juta untuk 7 hari. Untuk pengusaha yang menggunakan tenda kerucut sebesar 5 x 5 meter persegi dikenakan tarif Rp 50 juta untuk 7 hari.

PRJ Senayan ini diselenggarakan mulai 30 Mei-5 Juni 2015. Warga yang akan menikmati hiburan di PRJ Senayan pun tidak dikenakan biaya alias gratis. Akan ada tiga panggung hiburan dengan penampilan 50 artis, seperti Zaskia Gotik, Wali, Siti Badriah, Kerispatih, The Virgin, dan lain-lain. [Kompas.com]

6 COMMENTS

  1. Apa ini “tanda-tanda” akhir “pernikahan” Ahok & Jarot??

    aneh bin ajaib jika Wagub dan Gub ngga koordinasi?? samting orong orong ?

    • Sebaiknya ditangani langsung bagian UKM & KOPERASI. Biar bela rakyat kecil & kurang mampu.
      Lanjut terus Duet AHOK & JAROT.
      Jangan mau dipecah belah.
      “SALAM JAKARTA BARU”

  2. HAHAHAHAHAHA….Sumpah Gue ketawa ngakak baca berita hari ini…”Djarot Sudah Koordinasi dengan Ahok Soal PRJ Senayan”…”Ahok Tegur Wagub Djarot karena PRJ Senayan Diwarnai Protes”…”Ahok Ngaku Tak Dilapori oleh Djarot Soal Penyelenggaraan PRJ Senayan”….”PRJ Senayan Diwarnai Protes, Peserta UKM: Besok Ketemu Ketua Panitia”…keliatan banget engga bisa koordinasinya….HAHAHAHAHA. Pemimpin dagelan, cuma bisa nyalahin orang lain. Tega banget merendahkan Wakilnya ke media…kebangetan…!!!

    • Kamu orangnya si Taufik yah ziff nadamu memang dari dulu demikian. Sepertinya kamu ini preman Gerindra/KMP yang bertengger di website ini, sama nadanya dengan yang barusan dikatakan si Taufik. Kamu tahu peraturan yang ada Wagub hanya mengikuti keputusan dan jalan Gubernur, tidak membuat keputusan sendiri tidak menandatangani apapun. Wagub tidak ada haK apa-apa! Ini dikatakan pula berkali-kali oleh Basuki Tjahaja Purnama waktu menjadi wagub mendampingi Bapak Joko Widodo. Karena itu mereka juga sama melenggang dan duet mereka duet maut. PakGub adalah orang yang berjiwa besar jadi beliau memerkenan Wagub sekarang sama seperti dia. Tetapi tidak untuk hal yang merugikan DKI pastinya! Kamu mah lemot ziff itu GMJ engga kamu komentarin. Terkutuklah ziff dan matilah kamu!! Primitive!!

  3. Kelemahan pak Ahok ngak bisa mengayomi macam Jokowi.Katanya mau DKI seperti punya 2 gubernur. Sekarang lain lagi. belajar dong sama Pak De Jokowi…..lah urusan internal bicarain lah berdua. Ini kok negur lewat media. Jangan kelewat media syndrome lah….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here