Basuki Soal Waduk Pluit..

5
64

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membantah anggapan yang menyebutkan bahwa ia membela warga Waduk Pluit karena ia tinggalnya di sekitar sana. Menurut Basuki, apabila pompa di Waduk Pluit tidak berfungsi, maka akan menyebabkan pusat kota atau kawasan Istana Merdeka terendam banjir.

“Makanya saya bilang, saya bukan bela (Waduk) Pluit karena saya tinggal di sana,” kata Basuki di Balai Kota, Rabu (11/2/2015).

Pria yang kerap disapa Ahok itu menjelaskan, pemerintah Belanda mendesain Jakarta dengan kondisi wilayah utara paling rendah dibanding wilayah lainnya. Adapun normalisasi saluran air yang sudah dikerjakan sejak tahun 1970-an dilakukan di Waduk Pluit.

Saat ini, Ahok memiliki tugas merelokasi 5.000 warga di bantaran Waduk Pluit. Menurut Basuki, Waduk Pluit penting dinormalisasi karena semua aliran laut ditampung ke sana sehingga pompa air di sana pun harus berfungsi dengan baik. Hal itu pula yang menyebabkan Basuki marah ketika Perusahaan Listrik Negara (PLN) memutuskan aliran listrik di rumah pompa Waduk Pluit.

“Kenapa air masih di posisi minus 150 cm, Anda matiin listrik untuk Waduk Pluit? Alasannya karena kabelnya bawah tanah. Kabel bawah tanah, menurut saya, jauh lebih aman. Dulu saja, waktu Pak Jokowi jadi Gubernur, air di posisi 145 cm baru dimatikan listriknya karena gardunya terendam banjir,” kata Basuki.

Ia menyatakan, ketika air di Waduk Pluit masih di posisi minus, begitu listrik dimatikan, maka pompa tidak bisa membuang air ke laut. Air yang meluap itu bergeser ke arah barat, tengah, dan timur.

Pada Senin (9/2/2015) dini hari kemarin, air laut pasang (rob) dan hujan yang tak kunjung berhenti. Sementara itu Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Agus Priyono mengatakan wilayah Jakarta Utara sudah mengalami penurunan. Bahkan saat ini bentuknya seperti mangkok.

“Makanya, di wilayah itu sangat membutuhkan pompa untuk membuang air ke laut. Di Jakarta Utara juga sudah semakin turun tanahnya sampai di bawah muka air laut,” kata Agus. [Kompas.com]

5 COMMENTS

  1. Dear pak Ahok, Bpk harus menyelesaikan kasus ini dengan menangkap orang2nya dan dihukum atas kejahatan mereka, sebab kalau kasusnya dibiarkan mereka akan berani melakukan ulang dan orang-orang akan menyangka Bpk hanya mencari kambing hitam atas banjir jakarta, Kami masih menaruh harapan besar kepada pimpinan Bpk di Jakarta, GBU

  2. serem ya, instalasi vital seperti pompa waduk pluit bisa dengan gampang dimatikan listriknya, kalau di negeri lain mngkn sudah dijaga 24/7 oleh national guard atau TNI. lagian utk gardu bukankah bisa dilindungi dengan teknologi flood barriers yg bisa dikembang/kempiskan dengan kompressor udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here