Basuki Targetkan 100.000 PKL Di DKI Per Tahun Terdata Resmi (video)

1
55

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menargetkan sebanyak 100.000 orang Pedagang Kaki Lima (PKL) di seluruh DKI Jakarta per tahun bisa terdaftar secara resmi.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam acara pemberian kredit kepada para pedagang di pasar-pasar sekitar Jakarta Barat, Jumat (18/12) di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

“Saya targetkan 100.000 pedagang per tahun minimal (daftar resmi). Karena PKL Jakarta, resmi tidak resmi bisa sampai 500.000-600.000 lho,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia pun memerintahkan kepada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) untuk membuat banyak lokasi bagi para pedagang yang sudah terdaftar resmi.

“Jadi bukan cuma pelatihan-pelatihan tidak guna. Tapi tugas Anda (KUMKMP) sederhana, anggarkan uang untuk gerobak tenda-tenda, bangun sebanyak mungkin lokasi-lokasi seperti Lenggang Jakarta, cari rusun lalu kasih kredit (pedagangnya). Semua PKL didaftar,” katanya.

Ia mengatakan, jika KUMKMP akan membeli gerobak untuk para pedagang sedianya bisa mencari industri dalam negeri yang membuatnya dan dimasukkan ke dalam e-catalogue. Jangan sampai, katanya, gerobak dibeli secara impor.

“Tidak ada modal, pinjam sama Bank DKI. Ya kan? Yang dagang daging, hubungi PD Dharma Jaya untuk kasih freezer. Yang mau dagang beras sembako, hubungi Food Station Tjipinang. Yang tidakĀ  punya tempat dagang, hubungi Pasar Jaya buat pasar rakyat,” pungkasnya. [SP.Beritasatu.com]

Video:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here