Basuki: Transportasi di DKI Harus Berbasis Rel

2
44

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, transportasi yang paling tepat ada di Jakarta adalah transportasi berbasis rel. Namun saat ini, yang paling mungkin adalah kereta api yang sudah ada dan Mass Rapid Transit (MRT) yang pembangunannya sedang dilakukan.

Basuki juga sudah memikirkan membangun Light Rapid Transit (LRT) untuk menghubungkan jalur-jalur kecil di lingkar dalam Jakarta. Pasalnya, rencana pembangunan monorel yang masih belum jelas juga menjadi ide Basuki untuk merealisasikan LRT.

“Makanya biasanya seluruh dunia pakainya itu (basis rel). Ditambah lagi bus, tapi bus bagaimana pun terbatas karena rasio jalan sehingga itu jadi beban negara untuk memberi bus tingkat,” kata Basuki di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, usai menjadi keynote speaker dalam acara seminar “Mencari Model Pembangunan Infrastruktur Transportasi Publik Kota Jakarta” yang diselenggarakan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Hal tersebut lah, yang menurut Basuki akan dikombinasikan. Termasuk juga pembatasan sepeda motor untuk daerah yang dilalui dengan bus tingkat gratis.

“Kami juga akan membeli tanah atau gudang yang dekat dengan stasiun untuk park and ride plus taman dan untuk PKL. Jadi kalau ada PKL, bisa disitu kan jualan makanan, jualan macam-macam, itu yang mau kita lakukan,” katanya. [Beritasatu.com]

2 COMMENTS

  1. Kalau pilihan nya rel, kok rencana MRT di setop, kan basisnya rel, dilanjutkan saja sdh terlanjur! Muluskan perencanaannya,tiang2nya yg sempat di re negoisasi,biar pelaksana proyek lebih cepat melaksanakannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here