Beragam Upaya Dilakukan Untuk Penanganan Banjir..

3
79

Ahok.Org – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku optimistis bencana banjir yang melanda wilayah Kota Jakarta kali ini akan dapat tertangani dengan baik.

“Saya yakin penanganan banjir oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kali ini sudah jauh lebih baik. Dengan demikian, banjir yang menggenangi Ibu Kota pasti makin berkurang,” kata Basuki di Jakarta, Kamis (13/11).

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, beragam upaya penanganan banjir tersebut, di antaranya normalisasi sungai, waduk, dan saluran air, serta penertiban bangunan liar yang terdapat di sepanjang bantaran sungai dan waduk.

“Melalui langkah-langkah penanganan tersebut, kami yakin bencana banjir dapat ditangani dengan baik dan cepat. Kalaupun banjir, tidak akan terjadi lama-lama, paling cepat satu hari juga sudah bisa surut,” ujar Ahok.

Selain itu, dia menuturkan bahwa pihaknya juga telah memasang dan memperbaiki pompa-pompa air yang dapat digunakan, terutama pada saat debit air di suatu daerah tertentu naik.

“Pompa-pompa air sudah diperbaiki dan dipasang untuk mengantisipasi naiknya debit air yang bisa menyebabkan banjir. Pompa-pompa itu juga sudah dipastikan dapat beroperasi secara optimal,” tutur Ahok.

Meskipun demikian, mantan Bupati Belitung Timur itu mengakui masih ada sejumlah wilayah di Kota Jakarta yang banjirnya sulit diantisipasi sehingga perlu penanganan lebih.

“Misalnya, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Dua wilayah itu masih belum tertangani dengan baik karena sungainya belum dilakukan normalisasi sampai maksimal, dan bangunan liar di bantaran. Sungai juga masih banyak yang belum ditertibkan,” ungkap Ahok. [Beritasatu.com]

3 COMMENTS

  1. Penertiban bangunan liar dibantaran harap diteruska, jadikan Walkot,Camat dan Lurah sebagai ujung tombak opetasi dan rutin patroli.
    Jangan disuruh, baru Japan (jadikan INI sbg catatan karier), RT/RW yg daerah bantaran saluran air, masih banyak bangunan liar diganti saja)

  2. pokoke pas musim ujan nanti.bgitu ada area yg banjir.minta tolong smua warga fotoin aja area nya mana aja yg banjir.lalu foto aliran airnya kehambat dimana.jadi biar gampang gerak cepat.dan koordinasi antar pejabat mesti cepat tanggap cari tau penyebabnya.

  3. Sebenarnya ada satu solusi untuk menangani banjir.

    Bapak Ahok harus tiru pemkot Seoul, pemkot Paris dan pemerintah Singapore.

    Solusinya adalah membangun hutan buatan seperti di Singapore, membangun pantai buatan seperti di Paris dan membangun beberapa sungai buatan seperti di kota Seoul.

    Pembangunan sungai buatan, pantai buatan dan hutan buatan bertujuan untuk menanggulangi banjir dan meningkatkan wisatawan luar negeri ke Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here