BTP Cek Kerjasama Pengolahan Sampah Bantargebang

7
96

Ahok.Org – Anggota DPRD DKI Jakarta Boy Sadikin menilai Pemprov DKI Jakarta dirugikan atas kerjasama dengan PT Godang Tua Jaya (GTJ) terkait pengolahan sampahdi TPA Bantargebang.

PT GTJ dinilai belum menjalankan kontrak kerjasama yang mewajibkan GTJ menerapkan pengolahan sampah menjadi listrik.

Menanggapi pernyataan Boy Sadikin, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan akan memeriksa potensi kerugian tersebut. ”Nanti saya cek dulu soal itu,” ujarnya.

Seperti diketahui, sejak kerjasama dengan Pemprov DKI pada 2008, PT GTJ belum juga membuat teknologi pengelolaan sampah dengan Gasifikasi, Landfill, and Anaerobic Digestion (Galvad).

”Sampai sekarang, PT GTJ masih menjalankan Landfill Gas yang sudah dilakukan Dinas Kebersihan sejak dulu, anehnya lagi, Pemprov DKI dan GTJ tiga kali melakukan adendum (perubahan) kontrak kerjasama, pada kontrak awal, yang tandatangan Gubernur, tapi adendum hanya oleh Kepala Unit Pengelola Teknis TPST,” ujar politisi PDI Perjuangan.

Boy mengatakan, dengan pembayaran tipping fee Rp 114.000 per ton sampah ke PT GTJ, dan jumlah sampah DKI sekitar 6.000 ton sehari, maka ada uang RP 19 miliar mengalir ke PT GTJ setiap bulan, namun pengelolaan sampah tidak menggunakan teknologi yang seharusnya di dalam kontrak.[Tribunnews]

7 COMMENTS

  1. Terima kasih Pak Boy Sadikin, yg memberikan masukan yg baik ke pemrov DKI unt masalah pengelolaan sampah ini. Anggota DPRD seperti Pak Boy inilah yg kita butuhkan, yg benar2 memberikan feedback unt perbaikan dan tidak meng-ada2 seperti anggota yg lain.
    Pak Jokowi/Ahok pasti akan menindak lanjuti feedback ini.

  2. ayo bongkar lagi pak BTP/Ahok, kebobrokan di SKPD Kebersihan di zaman Gubernur sebelumnya nech….!!!!

    masih belum kapok dan tobat, porotin duit APBD terus….ayo seret mereka ke KPK…..gila bener bobrok mental birokrat dizaman Foke…

  3. wah ternyata pak boy sadikin ini pernah diajukan utk jadi calon gubernur DKI, tapi mengundurkan diri karena menurut perhitungannya masih banyak kader yang lebih baik termasuk jokowi
    orang kaya gini jarang ada di politik kita, mendahulukan kepentingan orang banyak daripada kekuasaan.. sukses deh pak boy dan Johok..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here