BTP: Di Jakarta Saya Tak Butuh Orang Pintar…

2
87

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah memanggil Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Yuli Hartono. Sebelumnya, Basuki meminta agar Yuli tegas dan merekomendasikan anak-anak buahnya yang mana saja yang layak diganti. 

“Saya tanya, ‘Sudah ketemu belum ada ‘permainan’ di sana?’ Dia jawab sudah. ‘Berapa orang yang mau Anda pecat?’ Dia sodorin saya tujuh sampai delapan nama (anak buah untuk diganti),” kata Basuki di Balai Kota, Selasa (15/9/2015).

Kemudian, Basuki memberi rekomendasi nama itu kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI. Dia menanyakan lagi kepada Yuli soal siapa anak buahnya yang pantas mendapat promosi.

Basuki mempersilakan Yuli merekomendasikan kepada BKD untuk melakukan psikotes. Nantinya, akan ada hasil psikotes apakah pegawai itu disarankan atau tidak disarankan pada posisi tertentu.

“Kalau ternyata kurang kreatif, saya bisa saja terima dia karena di Jakarta saya tidak butuh orang pintar dan kreatif, tetapi hanya butuh kejujuran dan loyalitas kepada tugas dan jabatan, beres,” kata pria yang biasa disapa Ahok itu.

Basuki menegaskan, PNS DKI akan langsung dipecat jika terbukti menyalahgunakan anggaran, dipecat sebagai PNS bukan hanya diturunkan jabatan.

Sudah ada sebanyak 120 orang yang dipecat dari PNS dan lebih dari 2.500 pejabat telah didemosi (turun jabatan) dari jabatannya.

“Jadi, ini substansi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Bukan luput, justru perintahnya itu yang justru tidak dikerjakan. Ternyata yang paling efektif sekarang adalah ketika Anda memecat pejabat dan ganti dengan yang lebih baik,” kata Basuki. [Kompas.com]

2 COMMENTS

  1. (Add) Sangat perlu diketahui bahwa dalam pertemuan dengan kemenko bidang ekonomi tema reklamasi pulau begitu jelas diterangkan PakGub (video diatas), dan banyak orang tidak tahu hal, moga Kementrian Kelautan dan Perikanan (hello Madame Susi) juga mengikutinya, here you go! Siapa sudah mendengarkan telah belajar sesuatu yang mahapenting untuk JKT kedepan! Siap bilang Gubernurmu bodoh? Gubernur yang selin marah2 punya visi yang paiwai untuk JKT ada sebelumnya seperti ini? Please note every1. THX Om Sak ijin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here