BTP Menjadi Pembicara Dalam Acara Indonesian Dream Seminar Series Di UI

2
73

Pada Senin 4 juli lalu, Basuki T Purnama (Ahok) didaulat menjadi salah satu pembicara dalam acara Seminar Indonesian Dream di Kampus UI Depok. Acara ini adalah seri pertama sekaligus pembukaan dari Indonesian Dream Seminar Series.

Bertempat di Aula Gedung C FISIP UI. Seminar deri pertama kali ini mengambil tema “Perspektif Tokoh Muda Tionghoa”. Tampil sebagai narasumber selain Ahok adalah Dr. Beni Bevly dan Margaretha Astaman serta Dr. Tamrin Amal Tomagola sebagai Pembahas.

Seminar ini menggali mengenai seperti apa mimpi akan sebuah Indonesia di masa depan, khususnya dari perspektif para tokoh muda Tinghoa. Dr. Beni Bevly memaparkan mengenai American Dream sebagai landasar pikir masyarakat Amerika Serikat dalam menjalani kehidupan mereka. American dream berlandaskan kepercayaan bahwa setiap orang memiliki hak dan bisa menjadi kaya, berkecukupan dan bahagia. Mereka sangat percaya kepada mobilitas kelas sosial yang memungkinkan kehidupan sejahtera yang diperoleh dengan kerja keras.

Dalam konteks Indonesia, seperti dikemukakan Ahok, kita menginginkan pada tatanan politik dan juga ekonomi dimana segala posisi strategis dan dapat “dikuasai” oleh para kaum idealis. Hal ini sangat penting agar uang rakyat dalam APBN dan APBN dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dan untuk mewujudkan hal itu, perlu perangkat aturan yang dapat melindungi para kaum idealis ini dari persaingan yang tidak adil dengan para mantan koruptor. Menurut Ahok jalan satu-satunya adalah dengan menerapkan aturan pembuktian terbalik harta kekayaan kepada calon peserta Pemilu atau Pilkada.

Dengan begitu diharapkan, para kaum idealis dapat terpacu untuk turut aktif mewujudkan mimpi mereka akan Indonesia yang lebih baik dalam bidang politik. Manurut ahok, jalan yang paling realistis adalah dengan menjadi anggota DPRD tingkat Kabupaten/Kota. Apabila mereka berhasil membuktikan karakternya di tingkat tersebut, maka akan terbuka kemungkinan “naik pangkat” menjadi anggota DPR ataupun kepala daerah (Bupati/Walikota bahkan Gubernur). Dengan semakin banyak kaum idealis menguasai kepemimpinan publik, maka mimpi kita akan Indonesia akan semakin dekat dengan kenyataan.

Link Video acara dapat diakses dari sini
Makalah BTP dalam seminar tersebut Dapat diunduh disini
File presentasi BTP dapat diunduh disini

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here