BTP Minta Lurah Identifikasi Anak Autis dan “Down Syndrome”

2
46
Basuki mendapatkan pelukan ucapan terima kasih dari salah seorang anak (Foto: Yopie/Beritajakarta.com)

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meminta semua lurah di Jakarta mengidentifikasi anak-anak penyandang autisme dan down syndrome yang ada di wilayahnya masing-masing.

Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin menyediakan fasilitas untuk anak-anak tersebut. Pernyataan itu ia sampaikan seusai menerima kunjungan siswa autis dan down syndrome dari Yayasan Harapan Citra Kasih Bangsa di Balai Kota, Selasa (24/5/2016).

Kunjungan dilakukan dalam rangka program belajar sekolah mengenai “Negaraku”.

“Sekarang kita harus pikirkan bagaimana anak yang terpencar-terpencar ini bisa kita jemput pakai bus sekolah. Kalau anak yang mampu kan gampang, kalau yang tidak mampu? Bagaimana bisa datang ke sekolah? Nah, kami mau nanti ada bus sekolah yang menjemput mereka,” kata Ahok.

Selain itu, Ahok juga meminta agar lurah berperan sebagai orang tua asuh bagi anak-anak penyandang autis dan down syndrome. Jika lurah tidak melakukan hal itu, ia mengancam tidak akan segan-segan mencopot lurah itu dari jabatannya.

“Kalau menghadapi anak keterbelakangan mental tidak boleh nganggap, ‘ah ini orang aneh ni’. Mereka itu warga istimewa. Kamu mesti urus,” ujar Ahok.

Saat kunjungan para siswa autis dan down syndrome itu ke Balai Kota, Ahok dan para siswa sempat menonton bareng film bertemakan dinosaurus yang memiliki perbedaan dengan saudaranya. Pada momen itu, Ahok mengaku sempat terharu karena jadi teringat anak dari salah satu sahabatnya.

Menurut Ahok, sahabat itu memperlakukan anaknya seperti anak kebanyakan. Tujuannya ialah agar si anak merasa bahwa ia juga sama seperti yang lain.

“Anak pertama teman saya itu lahir dengan kondisi autisme. Itu memang tidak mudah. Pertama, kami juga agak kaget. Kok cuek, apa gitu. Tetapi, lama-lama kami jadi mulai mengerti,” kata Ahok. [Kompas.com]

Basuki Nobar dengan Siswa Autis dan Down Syndrom

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menggelar nonton bareng bersama dengan siswa Yayasan Harapan Cita Kasih Bangsa, di Balai Agung DKI Jakarta. Film yang ditonton bertemakan seekor dinosaurus yang memiliki perbedaan dengan saudaranya.

Menurut Basuki, kunjungan siswa yang menderita autis dan down syndrom ke Balai Kota ini akan menjadi pengaman lain bagi mereka.

“Mereka perlu suasana yang baru, karena nggak gampang kalau kamu diizinkan Tuhan untuk memelihara anak diberikan kekurangan ini. Saya kira dengan dibawa ke Balai Kota ada sesuatu yang baru,” kata Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/5).

Usai menonton film, Basuki pun melayani berbagai pertanyaan dari anak-anak yang hadir. Berbagai pertanyaan dari siswa dijawab dengan sabar oleh Basuki. Siswa bernama Andrian dan Olivia berani menanyakan kegiatan Basuki saat hari libur.

“Kapan Bapak libur? Apa saja yang dilakukan selama Bapak libur?,” tanya Andrian.

“Bapak libur setiap Sabtu dan Minggu. Kalau sedang senggang bapak paling nonton sama anak-anak,” tandas Basuki. [Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. Min ini ada videonya, sangat bagus sekali kalau ada videonya di upload youtube. Pak ahok benar2 sangat penuh kasih sayang Seorang Ayah. Mohon di sharing ya… thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here