BTP Targetkan Pengganti Monorel Jakarta Tuntas Sebelum Asian Games 2018

1
61

Ahok.Org – Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan akan menghentikan proyek monorel Jakarta atau JET (Jakarta Eco Transport) yang digarap oleh PT Jakarta Monorail.

Sebagai penggantinya, pemerintah Provinsi DKI akan mengembangkan light rail transit (LRT). Ahok berharap transportasi massal pengganti monorel bisa dinikmati warga Jakarta pada 2018.

Konsep LRT telah diadopsi di Kota Chicago, Amerika Serikat. Rute LRT mampu masuk hingga area pemukiman dan pusat bisnis.

Rute LRT bisa dibuat fleksibel dibandingkan dengan monorel. Kapasitas LRT memang lebih kecil dan lebih lambat daripada transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT). Namun LRT mampu masuk hingga pemukiman dan berhenti pada jarak pendek, yang tak bisa dilakukan oleh MRT atau monorel.

“Kayak Chicago. Dia nekuk semua. Rute belok-belok ke kluster,” jelas Ahok kepada detikFinance di Balai Kota, Jakarta, Kamis (6/11/2014)

Rute LRT nantinya akan disusun ulang, sambil Pemprov DKI menggandeng mitra seperti perusahaan sektor properti untuk mau bekerjasama. Dengan kerjasama ini, properti yang dikerjasamakan bisa dilewati rute LRT.

Ahok menjelaskan LRT akan menjadi pendukung proyek MRT Jakarta yang sedang dikembangkan. Diproyeksikan LRT akan mulai dibangun pada tahun 2015.

“Tahun depan mulai bangun, selesai 2018. Itu harus bisa beroperasi,” katanya.

Seperti diketahui Jakarta dan beberapa kota lainnya seperti Palembang akan menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia atau Asian Games ke-18 yang rencananya digelar September 2018. [Detikcom]

1 COMMENT

  1. bener gak 2015 tar undur lagi 2016. bnyk proyek dki yg mangkrak. contoh pembangunan sheet pile kerjainnya setengah2 seperti di daerah gunung sahari mgd square, sy setiap hari lewat sana disiang hari yg kerjain kadang ada kadang gak ada. kalo itu dikerjain secara massal setiap hari selesai kali akhir tahun ini. lebih baik pak ahok utus orang saja lihat yg kerjain kadang pindah2 posisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here