Bus Transjakarta Khusus Wanita Layani Koridor 1

2
47

Ahok – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan bus Transjakarta khusus wanita. Tahap awal hanya ada dua unit yang akan melayani koridor 1 rute Blok M-Kota. Hingga Mei mendatang akan ditambah menjadi 10 unit bus.

“Ini akan ada 10 bus. Pertama ada dua unit dulu yang diluncurkan,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/4).

Basuki mengatakan, delapan bus sisanya secara bertahap akan diluncurkan hingga Mei mendatang. Sehingga ke depan diharapkan bus tersebut bisa melayani penumpang setiap 30 menit. “Kami harapkan di koridor 1 tiap 30 menit kalau sterilnya betul-betul, akan ada bus seperti ini melintas,” ujarnya.

Untuk koridor lainnya, akan dilakukan secara bertahap juga. Basuki mengatakan pemilihan koridor 1, karena merupakan koridor yang paling steril. Terlebih penumpang wanita di koridor ini cukup banyak.

Basuki berharap dengan adanya bus ini  bisa memberikan kenyamanan kepada penumpang. Karena ada beberapa kaum wanita yang merasa risih jika berhimpitan dengan pria di dalam bus. Bahkan, semua awak bus mulai dari pramudi dan petugas onboard adalah wanita.

“Di kota besar ini ada wanita yang agak risih, kalau berhimpitan dengan pria. Kalau dari sisi agama bukan, muhrim. Bus ini tentu, kami harapkan bisa membuat nyaman.” tandasnya. [Beritajakarta]

DKI Luncurkan Transjakarta Khusus Wanita

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama beserta istri, Veronica Tan meluncurkan dua unit bus Transjakarta khusus perempuan bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4).

Kendati diluncurkan di Hari Kartini, akan tetapi Basuki memastikan bus khusus wanita ini tidak ada hubungannya dengan emansipasi wanita. Namun justru adanya bus ini merupakan kesadaran Pemprov DKI Jakarta bahwa sebagai kota besar, warganya heterogen.

“Kita harus sadar di kota besar heterogen. Ada wanita yang risih himpitan denga pria. Diharapkan seluruh Jakarta bisa mendapatkan  layanan (bus) yang sama,” ujar Basuki saat peluncuran bus di Balai Kota, Kamis (21/4).

Basuki mengatakan, di koridor 1 bus-bus Transjakarta sudah sangat banyak hingga 247 unit. Ditambah lagi bus-bus reguler yang melintas di koridor tersebut sehingga jumlahnya bisa mencapai 300 unit.

“Kalau steril (headway) bisa 30 detik satu bus. Sekarang kami masih usahakan steril. Koridor lain nanti bertahap. Kami utamakan koridor 1 dulu,” katanya.

Untuk ke-10 bus Transjakarta khusus wanita ini, ditargetkan bulan Mei sudah bisa masuk dan beroperasi di koridor 1. Sama dengan bus biasa, Transjakarta khusus wanita ini akan beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

Bus tersebut didesain Transjakarta dengan warna pink yang dipilih karena pink merupakan warna yang identik dengan wanita. Kapasitasnya juga tidak berbeda dengan bus biasa, yakni 38 kursi duduk dan 80 orang berdiri. [SP.Beritasatu.com]

2 COMMENTS

  1. OmSak mana foto2nya peluncuran Transjakarta Kartini ini? Katanya ada foto PakGub dan Ibu dan Bu Dahlia itu pesopir perempuan!
    Share us the joy! THX OmSak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here