Denmark Bantu DKI Atasi Banjir

1
38

Ahok.Org – Hubungan bilateral antara Indonesia dengan pemerintah Denmark, bukanlah sekadar hubungan persahabatan semata. Keduanya juga selalu terlibat aktif dalam bidang ekonomi dan pembangunan, dan itu dibuktikan pemerintah Denmark dengan ikut membantu Pemprov DKI dalam mengatasi persoalan banjir yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan Station Pump Gate Kapuk Poglar di Jalan Peternakan Raya, Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat.

Menteri Perdagangan dan Investasi Denmark, Pia Olsen Dyhr mengatakan, wilayah Denmark dengan Indonesia punya karakteriktik yang sama yaitu banyak pulau. Untuk itu pemerintah Denmark ingin membantu Indonesia salah satunya untuk penanganan masalah banjir. “Dengan teknologi yang kami miliki, kami sudah berpengalaman dalam berhadapan dengan banjir. Kiranya, dengan pembangunan stasiun pompa ini dapat membantu pemerintah Indonesia untuk menangani banjir,” ujarnya, Minggu (3/3).

Menurutnya, stasiun ini memiliki enam pompa dengan kapasitas 1.000 liter per detik. Selain keenam pompa tersebut, lokasi itu juga dilengkapi rotary screen dan gedung pompa.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama berharap, dengan dibangunnya stasiun pompa yang mulai dilakukan tahun 2010 dengan biaya 39 miliar dapat meminimalisir banjir sesuai target dengan luas sasaran layanan mencapai 550 hektar. Menurutnya, pembangunan stasiun pompa di Kali Apuran merupakan salah satu wujud keseriusan Pemprov DKI Jakarta untuk menanggulangi banjir di ibu kota.

“Keberadaan Kali Apuran ini melintasi wilayah dari mulai Pegadungan, Cengkareng, Kaliangke dan Kapuk dan bermuara ke Kali Angke. Untuk itu kiranya dengan adanya stasiun pompa ini wilayah yang dilintasi Kali Apuran tersebut banjirnya dapat diminimalisir,” jelas Basuki.

Basuki juga mengaku sangat berterima kasih atas kunjungan pemerintah Denmark tersebut dan berharap ke depan semakin banyak kerjasama yang dilakukan, terutama dalam mengatasi persoalan banjir.[Beritajakarta.com]

Video Terkait:

Video: Beritajakarta.com

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here