Dinas Pariwisata Usulkan Anggaran hingga Rp 1,2 Triliun, Ini Kata BTP

1
84

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama kaget mengetahui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mengusulkan anggaran hingga Rp 1,2 triliun pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2015. Menurut Basuki, anggaran itu tergolong fantastis untuk pembiayaan program Dinas Pariwisata.

“Sekarang saya tanya Rp 1,2 triliun itu buat apa saja, untuk apa? Kenapa swasta juga kamu biayain buat promosi ke luar negeri? Seperti cetak brosur juga, pernah enggak kamu lihat brosur-brosur (wisata) di Jakarta?” kata Basuki kesal, seusai mendengarkan pengarahan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, di Balai Kota, Jumat (19/12/2014).

Selain itu, lanjut dia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta perlu melakukan efisiensi kegiatan pada tahun 2015. Basuki melihat, selama ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI kerap menyelenggarakan berbagai acara dengan tema serupa, tetapi namanya saja yang berbeda.

Kegiatan itu, kata Basuki, hanya menghabiskan anggaran. “Pokoknya saya potong saja (anggaran tidak perlu). Misalnya kalau ada kegiatan sosialisasi sejenis ya digabung saja,” kata Basuki.

Salah satu program tahun 2014 yang sudah dipangkas adalah penyelenggaraan acara fashion seperti Jakarta Fashion Week pada bulan Desember ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, kata Basuki, menganggarkan Rp 3 miliar untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Padahal, lanjut dia, penyelenggaraan Jakarta Fashion Week sudah baik dan Pemprov DKI dapat berpartisipasi di sana. Lebih baik, anggaran Rp 3 miliar itu diberikan kepada pihak swasta, misalnya Femina Group untuk melatih desainer muda Jakarta sepanjang satu tahun.

“Uangnya juga masih lebih kalau untuk pelatihan desainer daripada mengadakan pameran terus bubaran. Ini duitnya ada Rp 3 miliar mau bikin (acara) tandingan yang mirip-mirip itu (Jakarta Fashion Week), ngapain? Artinya apa, ya mau habisin anggaran saja, (kegiatan) ini yang mesti di-lock,” kata Basuki lagi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah memangkas anggaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI di RAPBD 2015, dari Rp 1,2 triliun menjadi sekitar Rp 650 miliar. [Kompas.com]

1 COMMENT

  1. Pak Gubernur Yth,

    Sekedar share informasi, searing remaja Indonesia, 19 Tahun bernama Chilla Kiana berhasil mengisi video music di Disney Channel Asia, sebuah prestasi yang membanggakan karena satu satunya dan yang pertama wakil Indonesia dilibatkan dalam keluarga besar Disney. Selain dari negara asia lain seperti Philipin, Malaysia dan Thailand. Perlu dukungan pemerintah agar semakin banyak lagi anak2 Indonesia berprestasi di dunia Internasional, berikut ini saya share link youtube: Dear Pak Presiden,
    Semakin banyak anak Indonesia yang berprestasi di International dalam bidang creative, salah satunya adalah MUSIC, seorang remaja 19 tahun bernama Chilla Kiana baru baru ini muncul di video music Disney Channel, menurut saya ini adalah anak Indonesia pertama yang bisa masuk dalam program Disney. Perlu dorongan dan dukungan pemerintah untuk mengangkat remaja yang memiliki bakat besar dan sudah di lirik oleh negera lain. berikut ini saya juga sertakan link music video di youtube. Jika mungkin Bapak belum sempat melihat karena padatnya jadwal Bapak, mungkin dari staf ahli ke presiden an bisa menyampaikan, terima kasih sebelumnya bisa menyampaikan informasi ini melalui sosial media resmi Bapak Presiden. //www.youtube.com/embed/-gxeAhnz6C8…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here