DKI dan Pertamina Bangun PLTG di Marunda dan Kepulauan Seribu

0
31

Ahok – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bersama PT Pertamina (Persero) berencana membangun dua pembangkit listrik tenaga gas (PLTG), yakni di Marunda (Jakarta Utara) dan Pulau Damar, Kepulauan Seribu.

Kesepakatan pembangunan PLTG itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto.

“Termasuk (pembangunan PLTG) Pulau seribu, kami lagi ingin dorong (Pertamina dan Jakpro) supaya bangun PLTG untuk menunjang kepariwisataan di sana. Kepulauan Seribu itu potensi yang bagus sekali, untuk bisnis perikanan dan wisata,” kata Basuki, seusai menandatangani MoU di Gedung Pertamina, Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Pembangunan PLTG itu dibutuhkan karena Pemprov DKI terus membangun rumah susun (rusun). Selain itu pada akhir tahun ini, DKI juga memulai pembangun kereta ringan listrik atau light rail transit (LRT) yang membutuhkan pasokan listrik.

Ke depannya, semua rusun juga harus dialiri jaringan pipa gas. Ia memprediksi pembangunan PLTG selesai dalam jangka waktu dua tahun.

“Kami perlu PLTG karena kami akan membangun tujuh koridor LRT dan kami juga membangun superblok di Marunda. Pertamina pasti bisa di bawah Pak Dwi, saya yakin Pertamina pasti top dan tidak kalah dengan Petronas,” kata Basuki.

Sementara itu Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menuturkan saat ini pihaknya sedang mengkaji pembangunan PLTG tersebut. Ia juga akan menghitung nilai investasi pembangunan PLTG di Marunda serta Pulau Damar.

“Pelaksanaannya dilakukan bertahap dan kami lanjutkan desain pembangunannya. Jadi kurang lebih kami membutuhkan 2-3 tahun untuk itu (membangun PLTG), setelah proyek MRT (mass rapid transit) dan sebagainya selesai,” kata Dwi. [Kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here