DKI Siapkan Dana Rp 20 M Untuk Pengerukan Sedimen Waduk

2
51

Ahok.Org – Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta segera mengeruk 200 ribu kubik sedimen Waduk Pluit. Pengerukan sedimen akan dimulai dari sisi barat atau kiri bantaran Waduk Pluit.

“Pemukiman warga di sisi barat sudah banyak yang dibongkar dibandingkan di sisi timur atau kanan,” ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Selasa (28/5).

Dikatakan Basuki, pembongkaran rumah warga di sisi timur bantaran Waduk Pluit belum dilaksanakan mengingat rumah susun (rusun) untuk menampung warga hingga saat ini belum tersedia. “Setelah rusun rampung dibangun, pemukiman warga di sisi Timur dibongkar,” kata Basuki.

Pihaknya, sambung Basuki, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliar untuk pengerukan sedimen waduk di sisi barat. “Hingga saat ini masih ditender. Pengerukan sedimen tidak cukup mengembalikan luas dan kedalaman ideal Waduk Pluit. Tapi, kita kerjakan setengah dulu daripada dibiarkan begitu saja. Paling tidak sudah ada kemajuan dalam program ini,” ucapnya.

Ditegaskan Basuki, pengerukan di sisi barat akan terlebih dahulu dikerjakan mengingat sudah banyak lahan yang kosong. “Kami tidak bisa mengeruk sisi timur bantaran mengingat di sana masih berdiri sekitar 1.400 unit rumah warga. Kami khawatir bila dikeruk akan memakan korban jiwa,” tuturnya.

Ditambahkan Basuki, dirinya telah menginstruksikan Dinas PU DKI untuk menyediakan pompa portable berkapasitas 15 kubik per detik di areal bantaran Waduk Pluit untuk mengantisipasi terjadi banjir pada musim hujan mendatang.

“Di Waduk Pluit telah tersedia pompa di sisi barat, tengah dan timur.  Pompa di sisi timur lagi dibangun melalui hibah dari Jepang. Sedangkan kondisi pompa di tengah dan barat sudah mulai rusak. Solusinya, ya kita pasang pompa portable sebagai tandem dulu, sampai normal semuanya,” tandasnya.[Beritajakarta.com]

2 COMMENTS

  1. tetep harus ada batas waktunya, pak BTP….soalnya tahun depan juga ada pemilu, dan pasti terhentilah proyek gusur menggusur, walau sudah ada planning……belum wakil partai yg sakit hati obyekan mereka dilahan waduk Pluit jadi berantakan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here