DPRD DKI Kunker, Ahok: Kalau Bisa dari YouTube Kenapa ke Luar Negeri?

2
61

Ahok – 13 orang dari DPRD DKI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke tiga negara di Asia Timur. Ahok menyadari bahwa itu adalah hak anggota dewan.

“Dibicarakan karena rapat anggaran, dan kita enggak bisa batasi DPRD untuk kunjungan ke luar negeri karena itu hak mereka. Selama Mendagri setuju, karena memang ada di dalam situ, ada kunjungan antarparlemen,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Namun demikian, Ahok menilai, kunjungan kerja seperti itu bisa disederhanakan selama masih bisa disederhanakan. Misalnya, mempelajari sistem kota lain dilakukan lewat internet. Penting pula menurut Ahok, anggota dewan itu juga harus bisa mempertanggungjawabkan hasil kunker itu.

“Hanya yang penting bukan soal kunjungannya. Setelah pulang, Anda tanya sama DPRD, kamu dapatnya apa? Kalau dapatnya belajar di YouTube sudah bisa, kenapa (dilakukan) kunjungan ke luar negeri?” kata Ahok.

Bila masyarakat masih tak puas dengan anggota dewan yang bersangkutan, bisa saja masyarakat tak memilih mereka lagi pada Pemilu Legislatif berikutnya. Sistem pemilu di Indonesia juga mengakomodasi keinginan rakyat untuk memilih wakilnya.

“Makanya sistem politik kita kan sangat baik, DPRD enggak bener itu dikoreksi lima tahun sekali. Kalau rakyat DKI merasa enggak cocok, ya enggak pilih lagi,” kata Ahok. [Detik.com]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here