KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, NEWS » Dugaan Korupsi APBD 2014, BTP Ingin AU dan Anaknya Diproses Hukum

Ahok.Org – Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan adanya dugaan korupsi dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2014. Dalam laporan tersebut, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) berinisial AU diduga ikut ‘bermain’ di mata anggaran pengadaan buku.

Selain itu, diduga kuat pengadaan enam seri buku tersebut untuk kepentingan kampanye anak AU, yang saat itu menjadi caleg Gerindra, RAS.

Jika terbukti mengalami kerugian negara, Basuki menginginkan mereka mendekam dalam penjara.

Tangkapin saja, tangkapin dan penjarain,” kata Basuki, di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat (27/3/2015).

Kendati demikian, Basuki enggan berbicara banyak perihal kasus yang menjerat pihak eksekutif dan legislatif ini. Basuki mengaku lebih menyerahkan hal ini kepada aparat berwenang. “Nanti biar hukum yang buktiin,” kata pria yang biasa disapa Ahok itu.

Dalam pengadaan enam judul buku pada APBD 2014 ditemukan indikasi adanya penggelembungan harga yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp 2,1 miliar.

Pengadaan buku itu diduga ada persekongkolan antara PPK, distributor, peserta dan pemenang lelang.

Direktur PT FS memiliki keterkaitan dengan PPK berinisial AU dan mereka sama-sama pengurus Palang Merah Indonesia (PMI).

Adapun keenam judul buku yang telah diterbitkan dan pengadaannya menggunakan pos anggaran Dinas Pendidikan di APBD DKI 2014 dan diduga buku “kampanye” RAS adalah Dari Kampoeng Hingga Metropolitan, Batavia Era Kolonial Hingga Jokowi, Jakarta Dulu Rawa Sekarang Pencakar Langit, Dari Delman Menuju MRT, Perempuan Betawi Menyusui, dan Urban Batavia Urban Jakarta.

Berdasarkan dokumen APBD 2014, anggaran pengadaan buku itu terbilang fantastis. Buku “Dari Delman Menuju MRT” dianggarkan untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Untuk siswa SD, anggarannya Rp 830 juta, alokasi SMP senilai Rp 600 juta, untuk siswa SMA sebesar Rp 500 juta, dan untuk siswa SMK sebesar Rp 500 juta.

Sementara anggaran buku “Urban Batavia Urban Jakarta” senilai Rp 500 juta. Buku “Jakarta Dulu Rawa Sekarang Pencakar Langit” untuk siswa SMA dan SMK sebesar Rp 500 juta dan buku “Batavia Era Kolonial Hingga Jokowi” senilai Rp 500 juta. [Kompas.com]

  • Share/Bookmark

3 Responses to “Dugaan Korupsi APBD 2014, BTP Ingin AU dan Anaknya Diproses Hukum”

  1. tangkaaapppppp,,,,,,,

    Reply
  2. Udah keburu kabur tuh anaknya….

    Reply

Leave a Reply