KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS » Gubernur Maklumi Molornya Pengesahan APBD 2013

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2013 ditargetkan akan diketok pada akhir Januari. Pria yang akrab disapa Jokowi itu memaklumi keterlambatan pengesahan APBD 2013 karena proses pengesahan itu merupakan masa-masa transisi.

“Masih dalam proses, sampai saat ini tidak ada masalah. Nanti semoga pertengahan sampai akhir Januari rampung. Ya, itu masa transisilah, kita maklumi,” kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Untuk itu, program-program yang harus dijalankannya walaupun APBD 2013 belum disahkan, Jokowi akan meminta izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI untuk menggunakan APBD 2012.

“Ya, uang APBD, ada proses mendahului namanya,” katanya.

APBD 2012 dapat digunakan untuk pembayaran rutin, seperti gaji pegawai dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Namun anggaran tersebut tidak dapat digunaakan untuk menjalankan proyek-proyek besar Jokowi yang masih belum disetujui oleh DPRD.

“Untuk proyek, tidak bisa. Hal-hal rutin yang berkaitan dengan pelayanan tetap bisa dilakukan. Ada mekanisme untuk itu,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi mengatakan, khusus untuk pelayanan Kartu Jakarta Sehat (KJS) tetap dapat digunakan melalui dana APBD 2012, walaupun APBD 2012 sejatinya digunakan sebagai pembiayaan program-program masa pemerintahan mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo.

“Iya dong, itu kan termasuk pelayanan. Nanti ada yang sakit enggak bisa dilayani. Lha, ya tetap dilayani,” ujar Jokowi.

Sebelummnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua memastikan pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013 akan disahkan pada 28 Januari 2013. Keterlambatan pengesahan APBD ini adalah untuk mengakomodir program-program yang dijalankan Jokowi.

“Ini untuk mengakomodir program dari gubernur, no problemlah,” kata Inggard.[Kompas]

  • Share/Bookmark

2 Responses to “Gubernur Maklumi Molornya Pengesahan APBD 2013”

  1. kita lht saja niat baek dr dprd n kemendagri.
    klo tdk dukung program yg baek, adil n bnr dr duo JB ini….apa bedanye mrk dg group anti duo JB ini.

    Reply
  2. oooh… molor nyang itu toh… ane kira ketua DPRD nya nyang lagi keenakan molor mangap ampe lewatin masa reses, shg pak JoW kudu nunggu ampe ntar mendusin lagi di akhir Januari 2013 nanti….
    yg bener, ‘lagi molor’ ape ‘molor lagi’ ntuh?
    abizan sama sih kata2nya…

    Reply

Leave a Reply