Hemat listrik, DKI Bangun Mini Power Plant

2
55

Ahok.Org – Untuk menghemat penggunaan energi listrik dan mengurangi ketergantungan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pemprov DKI Jakarta mulai tahun ini akan membangun pembangkit listrik dengan kapasitas kecil (mini power plant) bertenaga gas (PLTG).

Penggunaan mini power plant yang berfungsi layaknya mesin genset ini akan digunakan di gedung DPRD DKI dan Balaikota sebagai pilot project‎ atau lokasi uji coba.

“Kita akan menuju ke kehandalan kelistirkan di Jakarta. Dengan kehandalan ini kita bikin mini-mini power plant. Itu harapan Pak Gubernur,” kata Haris Pindratno, ‎Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Minggu (25/1).

Sebagai tahap awal, kata Haris, mini power plant akan diujicobakan di gedung DPRD DKI dan Balaikota serta lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

“‎Mulai pukul 06.00 hingga 18.00, mini power plant digunakan untuk daya listrik gedung DPRD dan Balaikota. Kemudian pukul 18.00 hingga 06.00 untuk lampu PJU,” katanya.

Ia menyampaikan, pergantian sumber energi listrik ke gas di gedung DPRD DKI dan Balaikota ini akan dilakukan tanpa mengubah jaringan listrik yang ada sebelumnya. Jaringan listrik lama yang terdapat di gedung pemerintahan tersebut tinggal disesuaikan dengan sistem switch (tukar).

“Tinggal pakai sistem switch saja, jaringan enggak perlu diubah,” terangnya.

Haris mengutarakan, penggunaan mini power plant bisa langsung direalisasikan setelah APBD DKI cair. ‎”Kita juga bisa cari dana dari corporate social responsibility (CSR),” ungkapnya.‎ [Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. Pak Gubernur

    Saya baca di Harian Detik hari ini katanya tanggul Jebol di Sunter;

    Saran saya:
    Karena banyak yg mungkin sakit hati, bukan karena gaya omongan Bapak ,tapi karena ketatnya peluang untuk bisa Korupsi ,jadi saya rasa intinya disini.

    Solusi tanggul jebol:
    1.
    Bapak harus memiliki team intelijen yg kuat ,jadi manuvernya bisa dideteksi dini
    2.
    Tidak usah pusing pusing ,mendingan diberikan tugas tersebut ke Kodam Jaya kan mereka ada divisi Zeni ,Peralatan disediakan ,lumayan namabahin juga Kesra mereka .
    Hasil pasti mantab ,Militer gaya komando ,kalau Komadan dah bilang A hasilnya A.
    Kalau sipil dalam kondisi Negara yg kental nuansa Korupsinya sudah dikontrol.
    Namanya manusia, dijaga di A dijebol di B

    contoh sederhana ,selokannnya waktu hujan diganjil saja dikit dengan kantong plastik,pasti jalanan pada banjir.

    Mulanya fungsi intelijen penting

    3.
    Proses hukum cari biang keroknya ,jadi jerah

    4.
    CCTV dimana mana
    Nanti kl sudah pakai Pembangkit listrk Mini ,sering ngejepret sulit lagi ngontrolnya ,mendingan pakai PLN punya jelas Negara yg operasikan

    5.
    Gubernur harus waspadalah dengan program2 yg kedengarannya seperti angin surga

  2. Kepada Yth ,bp Gubenur , Bp Ir Basuki ( Bp Ahok )
    Btw Dengan ini Saya menghimbau , agar lebih baik memakai tenaga Surya , jadi mini plant power electric dari Solar sel (sel Surya ) dng bateray plus inverter , kesimpulan ; tidak menambah polusi udara Jakarta lagi plus tanpa bahan bakar gas , dng demikian penghematan utk biaya operational . Btw sekarang Sel Surya (PhotoValtaic Sel ) harganya sudah ekonomis , jadi sudah saatnya kita beralih ke tenaga matahari . note : bateraynya sekarang sudah ada yg cangih n tahan sampai 20 tahun dng memakai Ultra Capasitor Power , ini info tehnologi terbaru banget , Pls deh mencobanhya , saya siap bantu utk berbagi informasi detail tekniknya , jika Bp Ahok meninta , saya bantu gratis n suka rela demi Kota Kelahiran saya ,kota Jakarta . Ok deh ,Gbu , warm rgds , see u , bye >>> Ir Cahyadi Wijaya (58 thn ) , Hp : 0812 180 67581 esia hp ; 9288 1710

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here