Inilah Tiga Tema Besar untuk Debat Publik

0
40

Ahok.Org – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menentukan tiga tema besar untuk debat publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 yang akan dilangsungkan pada 24 Juni mendatang.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kampanye KPU Provinsi DKI Jakarta, Suhartono, mengatakan bahwa tiga tema besar yang ditentukan oleh pihaknya tersebut didasarkan pada hasil kajian Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia (UI).

“Kami sudah melihat dari hasil kajian Puskapol UI. Dari situ kami tentukan tema besar debat publik,” kata Suhartono, di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jalan Budi Kemulyaan, Jakarta, Jumat (15/6/2012).

Tema pertama yang akan dijadikan materi debat publik adalah permasalahan tata ruang, tata kota dan transportasi. Kemudian tema kedua yang menjadi materi adalah permasalah ekonomi dan kesejahteraan rakyat yang berkaitan dengan kemiskinan, pengangguran dan kesehatan. Tema ketiga adalah permasalahan tata kelola pemerintahan, politik, keamanan, penegakan hukum dan pelayanan publik.

“Untuk masalah banjir dan macet itu sudah tercakup pada tema besar pertama yang berkaitan dengan tata ruang dan tata kota,” ujar Suhartono.

Usulan mengenai materi debat publik ini langsung diterima oleh keenam tim sukses pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Menurut enam tim sukses ini, usulan tema besar tersebut dinilai cukup representatif.

Selain itu, para tim sukses juga menganggap tema besar materi tersebut sudah mewakili masyarakat Jakarta. Untuk itu, keenamnya sepakat dengan materi tersebut dengan tambahan permasalahan tentang budaya dalam materi debat itu.[Kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here