KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS » Jabatan Kepala Sekolah Dilelang Akhir Tahun

Ahok.Org – Setelah sukses menggelar seleksi dan promosi terbuka jabatan atau yang lebih dikenal dengan lelang jabatan lurah dan camat, Pemprov DKI Jakarta kembali akan menggelar seleksi serupa untuk jabatan kepala sekolah (kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pihaknya masih mematangkan rencana bersama instansi terkait lain seperti, Badan Kepegawaian Daerah (BKD),  Biro Hukum dan Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala). “Lelang kepala sekolah, mungkin akhir tahun ini. Untuk semua sekolah negeri. Hari ini dirapatkan BKD, Biro Ortala, dan Biro Hukum,” ujar Taufik, Jumat (12/7).

Dikatakan Taufik, lelang jabatan lurah dan camat akan dijadikan pembelajaran mengenai teknis pelaksanaannya. Seleksi ini, kata Taufik, akan dilakukan secara terbuka tetapi terbatas, yakni terbuka untuk semua guru internal pendidikan, tapi terbatas untuk guru-guru yang ada di Jakarta saja dan terbatas pada ilmu pendidikan. “Formatnya masih digodok, tidak hanya menyangkut pendidikan saja. Karena kita belajar dari lelang lurah dan camat. Ada tenaga kesehatan yang bisa jadi camat. Kita akan lihat dari kepangkatan serta masa jabatan misalnya,” katanya.

Para peserta, sambung Taufik, nantinya akan menjalani beberapa tes seperti tes potensial akademik, psikotes, wawancara, dan paparan visi misi. Selain itu, kebijakan ini juga akan digabungkan dengan peraturan menteri yang telah ada sebelumnya. Sehingga kebijakan ini tidak akan menabrak aturan-aturan yang berlaku. “Akan kita bahas berbagai aspeknya. Karena ada norma-norma dari tingkat kementerian yang harus diikuti, sehingga nanti digabung,” katanya.

Adapun tujuan diadakan lelang jabatan kepala sekolah, ditambahkan Taufik, agar tercipta transparansi dalam dunia pendidikan. Sebab, selama ini penempatan kepala sekolah dilakukan dengan cara penunjukan.

Dikatakan Taufik, lelang kepala sekolah akan dilakukan di 117 SMA, 63 SMK, 289 SMP, dan 2.200 SD. Guru-guru di Jakarta yang memeuhi persyaratan bisa mengajukan menjadi peserta. “Mereka yang bisa mendaftar adalah guru berpotensi, guru berprestasi, wakil kepala sekolah, atau kepala sekolah. Tapi juga dilengkapi dengan syarat pengalaman mengajar,” tandasnya.[Beritajakarta]

  • Share/Bookmark

13 Responses to “Jabatan Kepala Sekolah Dilelang Akhir Tahun”

  1. Ancungkan jempol untuk BPK JOKOWI & BPK AHOK untuk terobosan yang inovatif.
    Jangan seperti urut kacang. Siapa yang berprestasi & mau bekerja keras untuk mewujudkan JAKARTA BARU, wajib diberi jabatan dibidangnya. Demikian juga sebaliknya.
    Kita sudah masuk globalisasi dunia. Sekolah negeripun tidak boleh ketinggalan dgn sekolah swasta or asing.
    SALAM JAKARTA BARU

    Reply
  2. jangan lupa reformasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta yg dapat proyek SMPN kambing!!! Mereka yang meninggalkan PR memalukan di masyarakat, bikin sekolah ga ada jalan masuknya!!!

    Reply
  3. UPT-UPT juga sebaiknya dilelang Pak…

    Reply
  4. Setuju demi peningkatan mutu pendidikan. Apakah termasuk kepala Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN)? Kalau iya, kepala MIN 10 Durensawit selayaknya diganti, karena diduga menyelewengkan dana BOS terkait membiarkan pungutan untuk LKS (2012) dan pungutan PENSI (2013)dg mengatasnamakan komite sekolah. Kasihan komite sekolahnya yg nggak ngerti produk hukum dan perundang-undangan.

    Reply
  5. barusan liat di youtube yang diupload oleh TyoJB.

    [video]http://youtu.be/Woua7JgzhJc[/video]

    pada menit ke 1:40, di percakapan telepon, ada yang gak beres. kenapa nilai tes siswa tidak bisa di kasi liat?
    sebenarnya ada apa sampai orang yang berpesan di telepon itu bilang: jangan di tunjukkan, nanti masalahnya bisa melebar.
    emangnya akan ada masalah apa sih kalo kasi liat nilai tes kepada siswanya?

    sementara lurah dan camat yang di tes lalu, bisa langsung tau hasil tes mereka.

    Reply
  6. Setelah lelang kepsek , masalah transparencies management sekolah suatu Hal yang harus dilakukan untuk kemajuan pendidikan di Jakarta, Dari transparansi management pendidikan sklh Dan pengelolaan kelang an, Saran saya semua sklh Negri di jakarta agar mengupload RAPBS Dan Program Sekolah seperti yg dilakukan gubernur Dan wagubnya, Sebagai kontrol, maju terus pendidikan di Jakarta, Bravo pak wagubnya.

    Reply
  7. Program ini sangat bagus,jadi ada peluag bagi guru-guru yang selama ini tidak ada kesempatan padahal berpotensi jadi kepsek.

    Reply
  8. Alhamdulillah, akhirnya jabatan Kepala Sekolah di seluruh sekolah negeri DKI akan dilelang. Selamat tinggal birokrasi korup yang mengandalkan kedekatan dan main uang dalam penempatan kepala-kepala sekolah. Selamat datang era transparansi dan keterbukaan, selamat datang calon-calon kepala sekolah yang lebih bermutu. Semoga tidak lagi bermain-main dengan dana BOS dan BOP untuk kepentingan pribadi. Subhanallah, Wal Hamdulillah, Allahu Akbar. Maju Indonesiaku

    Reply
  9. hasil lelang dipenuhi kecurangan, kepsek incumbent ogah tergeser… sistem jg kacau ada peserta yang nilainya diatas seratus… koneksi internet yang putus putus…sebaiknya diulang kembali pak. kalau mau tes belajar bareng soal dan jawabanya dibahas bareng ya nilainya bagus semua lah. tolong Pak Jokowi dan Pak Ahok dibereskan dulu supaya lembaga Pendidikan kita beres dari orang-orang yang curang.

    Reply
  10. Teruskan reformasi di segala bidang

    Reply
  11. Teruskan reformasi di segala bidang! Pak jokowi and Pak ahok jangan mau dikibulin oleh siapapun, termasuk oleh hasil test kepala sekolah, cari data cari informan, janga sampai dicurangi

    Sukses selalu

    Reply

Leave a Reply

Spam protection by WP Captcha-Free