“Jangan Ngomong Monorel, Saya Sudah Lupakan”

10
91

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah hampir pasti membatalkan proyek monorel. Di hadapan Menteri PU Djoko Kirmanto dan Dirut PT Adhi Karya Kiswo Darmawan, Basuki mengatakan, pihaknya telah melupakan proyek transportasi massal berbasis rel itu.

“Adhi Karya ngotot bangun monorel, di Jepang dan Singapore saja sudah mentok. Jangan ngomong monorel lagi, saya sudah lupakan,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu, Jumat (25/7/2014).

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan dalam penandatanganan proyek enam ruas tol dalam kota, di Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Jumat (25/7/2014).

Menurut dia, lebih baik Adhi Karya maupun investor lainnya membangun light rail transit (LRT). Kendati demikian, Basuki optimistis dengan pembangunan monorel Adhi Karya pada jalur Bekasi-Cibubur karena tidak ada permasalahan uang maupun utang pada perusahaan lain.

Kondisi ini berbeda dengan kondisi keuangan PT Jakarta Monorail (JM). Hingga saat ini, Pemprov DKI belum mengizinkan PT JM melaksanakan konstruksi fisik. Banyak persyaratan dan kajian finansial yang belum dipenuhi PT JM.

Selain itu, PT JM juga keberatan memenuhi jaminan bank yang diajukan DKI sebanyak 5 persen dari total investasi Rp 15 triliun. “Tinggal batalkan saja kalau mereka tidak bisa penuhi sampai Agustus. Kami bangun LRT yang biaya perawatannya juga tidak setinggi monorel,” kata Basuki.

Moda transportasi LRT, lanjut dia, telah terbukti menjadi transportasi massal terbaik di beberapa negara maju, seperti Singapura. Meskipun nantinya, monorel berjalan, Pemprov DKI tetap bakal mengembangkan LRT. Basuki tak menutup kemungkinan PT JM untuk membangun LRT. [Kompas.com]

10 COMMENTS

  1. kalau LRT, berarti pakai LISTRIK… baru-baru ini pak Dahlan Iskan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Limbah pertama di Indonesia… di desa Pongaila, Kecamatan Pakubala, Kabupaten Gorontalo…kapasitas 500 Kilowatt… kalau Jakarta BISA kapasitas kira-kira 100-200 MEGA Watt…dari sampah yang dihasilkan… ayo pak Ahok, Jakarta jadi yang kedua setelah desa Pongaila…

  2. Pak Ahok, selain bangun MRT dan LRT perbaiki juga semua jalan di Jakarta jangan berlubang, jalanan berlubang sangat rawan kecelakaan, terutama pada saat musim hujan, sudah ada rekan kerja saya yg meninggal karena kecelakaan yg disebabkan jalanan berlubang, kami dambakan semua jalanan Jakarta mulus , jalanan mulus juga bisa melancankan lalu lintas, membuat jalanan mulus bisa lebih cepat daripada buat buat MRT dan LRT, buat jalanan mulus dalam beberapa bulan sudah kelihatan hasilnya.
    Selain itu buat semua jalanan BERSIH, prestasiak Ahok akan cepat terlihat kalau jalanan MULUS & BERSIH

  3. Betul pak.

    Tolong bapak bangun pembangkit listrik tenaga sampah, pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga matahari, pembangkit listrik tenaga angin agar listrik di Jakarta tidak byar pet.

    Kalo bisa jangan cuma PLN saja yang buat sebab PLN akan memonopoli dan harga listrik terus dinaikkan seenak perutnya sendiri padahal banyak pencurian listrik di Jakarta.

    Coba aja bapak Ahok lakukan sidak ke rumah dan perkantoran orang-orang kaya adubilah pencurian listriknya besar sekali.

    Terus bapak Ahok lakukan sidak ke kos-kosan dan penyedia warnet… pencurian listrik juga buesar sekali….

  4. Halo bapak Ahok…

    Tolong bapak dengarkan usulan rakyat mengenai calon wakil gubernur DKI.

    Rakyat hanya ingin seorang cewek cantik untuk menjadi wakil gubernur DKI.

    Ini pilihan dari rakyat Indonesia
    1. Angel Karamoy
    2. Dian Sastro Wardoyo
    3. Briptu Eka Frestya

    Tolong bapak Ahok segera pilih salah satu dari mereka….

    Ini benar-benar pilihan dari rakyat pak…

    Rakyat menolak bila wakil gubernur DKI bukan salah satu dari 3 cewek cantik di atas.

  5. Pak Ahok, sangat disayangkan ya monorel tidak bisa ada di Jakarta untuk kedua kalinya. padahal saya sudah memimpikan ketika Jkw memutuskan untuk melanjutkan. tapi tak apa jika emang ada solusi kelanjutannya, saya berharap banget sih diganti dengan LRT yang TERINTEGRASI seperti janji ketika Cawagub 🙂 , dan pliss… perhatikan juga dengan desain stasiunnya, malu dong masa kota Jakarta begini stasiunnya kotor2,jelek2.
    Makasih 🙂

  6. Pak Ahok wajib memerintahkan jajarannya untuk menangkap semua petinggi PT JM karena telah melakukan kejahatan dan penipuan tentang pembangunan monorel.

    Sita semua harta dan asetnya PT JM dan ownernya dan semua petinggi PT JM lalu hukum mati dalam waktu 1 x 24 jam di lumpur lapindo Sidoarjo.

  7. P Basuki,
    kami menyarankan (sesuai rencana kartu elektronik dalam pembayaran bis Transjakarta) agar kartu tsb dapat diperoleh (dan di isi ulang) melalui bank apa saja (TIDAK dimonopoli oleh satu bank)
    bisa kita contoh dari e Z card di MRT Singapore
    Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here