Jokowi: Hidup Sehat Belum Jadi Budaya Warga

3
76

Ahok.Org – Pembangunan kampung deret di Jakarta terus berjalan. Beberapa lokasi juga sudah siap digunakan oleh warga. Kendati telah dibenahi, masyarakat masih belum bisa berperilaku bersih untuk menjaga lingkungannya.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengeluhkan sulitnya mengedukasi warga untuk merubah perilaku hidup bersih. Bahkan karena belum semua warga mau rumahnya dibangun menjadi kampung deret, maka pembangunannya belum maksimal. Sehingga masih ada permasalahan mengenai limbah domestik.

“Kampung deret itu kan kampungnya diperbaiki, rumahnya diperbaiki, drainase diperbaiki, ada communal septic tank di situ, hijauan di situ. Memang yang paling sulit adalah merubah budaya masyarakat yang biasanya buang sampah sembarangan, BAB sembarangan, menaruh jemuran sembarangan, harus dirubah. Tapi kan mengedukasi di situ yang paling sulit,” kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (7/4).

Selain itu, pembangunan kampung deret masih terkendala dengan kepercayaan warga. Sehingga pembenahan rumah masih belum tertata dengan baik. Kendati demikian, jika sudah banyak rumah yang dibangun warga justru akan berebut untuk meminta dibangun. Karena selama ini, warga berpikiran lahan mereka akan digusur. “Kampung deret ada yang meloncat-loncat. Ini setuju tiga tidak, enam setuju, empat tidak setuju karena takut digusur. Kalau nanti sudah percaya baru lebih mudah di lapangan,” ujar mantan Wali Kota Surakarta ini.

Jokowi pun memastikan tahun ini semua pembangunan kampung lebih sistematis. Hal itu akan memudahkan pembangunan karena bisa dilengkapi dengan fasilitas septictank, jalan, dan taman. “Tapi sekarang mengejar semua, minta semua, kalau sekarang pasti urut karena semuanya ngerti,” katanya.

Selanjutnya, menurut Jokowi tinggal pengawasan agar pemukiman yang sudah disulap menjadi kampung deret tetap bersih dan baik. Selain itu, tidak disalah gunakan dengan dijual kepada orang lain. “Sekarang tinggal manajemen kontrolnya agar lebih diperkuat lagi,” tandasnya. [Beritajakarta.com]

3 COMMENTS

  1. Sebelum terjadi, tunjuk siapa pengawasnya, bila rumah yg sudah dibedah dijual….jangan nanti lempar tanggung jawab??? Bisa dipidana tidak, mohon diomongin didepan, jd masyarakat tahu dan ngerti, tidak berlagak bodoh atau tolol…kalau terlibat lsg mengaku-ngaku rakyat kecil yg terdzolimi, itu prilaku yg jauh dari org beragama…

  2. Pak Jokowi makanya pak mesti ada orang2 yang mau langsung bantu bapak turun ke lapangan dan me mastikan warga tidak di gusur terus bapak mesti kasih gambaran kampung deret yang bersih itu bagaimana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here