Jokowi Ingin Festival Raja-Raja Digelar Setiap Dua Tahun

2
59

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta agar penyelenggaraan World Royal Heritage Festival atau Festival Raja-raja Sedunia digelar setiap dua tahun sekali. Hal itu untuk menjaga kegiatan promosi, pelestarian warisan budaya, sekaligus persahabatan keraton sedunia.

“Gubernur minta acara ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman di Balaikota, Selasa (3/12/2013).

Tahun 2013 ini festival tersebut digelar di pelataran Monumen Nasional pada 5-8 Desember 2013. Perhelatan kali ini terdiri atas lokakarya, pameran produk keraton, festival kuliner, kirab, hingga pagelaran budaya.

Arie mengatakan, acara yang sama pada dua tahun mendatang akan lebih meriah. Namun, ia masih merahasiakan konsep festival selanjutnya. “Insya Allah dua tahun lagi acaranya lebih dahsyat,” kata Arie.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, World Royal Heritage merupakan upaya Pemprov DKI bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN). Acara itu digelar untuk melestarikan budaya nusantara sebagai bukti perjalanan kebudayaan dan peradaban masa lampau Tanah Air yang masih terjaga hingga sekarang ini.

“Keraton itu adalah bukti sejarah perjalanan yang masih terjaga hingga kini. Indonesia punya keraton terbanyak di dunia, yakni 165 keraton. Acara ini menambah khazanah Indonesia,” ujar Jokowi.[Kompas.com]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here