Jokowi Makan Bareng Perwakilan Warga Waduk di Balaikota

6
76

Ahok.Org – Gubernur DKI Joko Widodo mengundang beberapa tokoh warga di sekitar Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, untukmakansiang bersama di Balaikota, Selasa (21/5/2013) siang. Di sanalah, seluruh keluh kesah masyarakat terkait rencana relokasi ditumpahkan kepada sang Gubernur secara langsung.

Bertempat di ruang makan gedung Balaikota yang berukuran 5 x 3 meter persegi, warga tampak makan satu meja melingkar dengan Gubernur dan aparat terkait, seperti Wali Kota Jakarta Utara, camat, dan lurah. Tidak ada jarak di antara warga dan Gubernur. Mereka tampak lahap memakan hidangan yang telah disediakan.

Perbincangan warga dengan Gubernur dimulai usai acara makan siang. Warga membuka dialog dengan menceritakan tentang Waduk Pluit dari tahun ke tahun. Dahulu, Waduk Pluit masih digunakan untuk beternak ikan bandeng. Baru sekitar tahun 1975, sisi timur Waduk Pluit mulai dihuni oleh warga hingga turun-temurun hingga rencana normalisasi Waduk Pluit muncul.

“Entar solusi yang paling baku gimana bagi Pak RT dan Pak RW?” tanya Jokowi kepada warga.

“Warga sebenarnya sudah menyatu dengan lingkungan, jadi tidak mau dipindah. Tapi, kan ada program normalisasi pemerintah, kita mau lihat dulu batas (peta) mana yang jadi batasnya. Supaya paham kita, Pak,” kata seorang warga.

“Oh iya, nanti kalau sudah komplet semua, kita akan bincang-bincang lagi dengan Pak RT, Pak RW ini. Nanti sama Dinas PU juga,” kata Jokowi.

Lebih jauh, mantan Wali Kota Surakarta itu mengatakan, pihaknya tengah mengejar waktu dalam melakukan pengerukan Waduk Pluit. Ia tidak mau menunggu hingga musim hujan depan untuk melakukan pengerukan. Pasalnya, banjir di kawasan tersebut sudah sedemikian parah. Hal tersebut tecermin dari musibah banjir Januari 2013 yang lalu saat area Pluit tenggelam.

Menurut Jokowi, Waduk Pluit perlu segera dinormalisasi. Pasalnya, waduk tersebut adalah tempat menampungnya air dari sungai besar yang mengalir di Jakarta, misalnya Sungai Angke, Sungai Pesanggrahan, Sungai Sunter, dan lainnya.

Di akhir makan siang, seorang warga mengucap terima kasih kepada Gubernur atas silaturahim yang bisa dilakukannya dengan Gubernur. “Ini hal yang luar biasa dan juga agar suara masyarakat ini didengar pemimpinnya,” ujar perwakilan warga.

Ditemui usai makan siang, Jokowi mengaku hal tersebut merupakan strategi komunikasinya untuk mendengar secara baik masukan warga. Meski dalam kasus Waduk Pluit Jokowi sering bertemu warga, menurutnya, masalah belum selesai. Oleh sebab itu, upaya dialog harus tetap dijalankan hingga programnya bisa berjalan.

Relokasi warga di sekitar Waduk Pluit tak lepas dari musibah banjir di Jakarta awal 2013 lalu di daerah sekitar waduk. Setelah ditelisik, banjir disebabkan penyempitan waduk yang semula seluas 80 hektar menyusut jadi 60 hektar lantaran banyaknya permukiman warga sekitar.

Demi menyelesaikan masalah itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun membangun rumah susun di Marunda dan Muara Baru, Jakarta Utara. Namun, hanya sebagian yang bersedia pindah ke rumah susun tersebut. Oleh sebab itulah, Jokowi memutar otak, bagaimana cara menyelesaikan masalah yang tepat dan humanis.[Kompas.com]

6 COMMENTS

  1. Cara Jokowi membangun komunikasi dengan warga sangat bagus, perlu dicontoh oleh semua Gubernur di seluruh Indonesia, bahkan juga oleh semua pemimpin di Seluruh Dunia.

  2. Salut untuk BPK JOKOWI. Warga Jakarta tidak salah pilih. Langsung kesasaran & benar-benar pro rakyat kecil. Warga waduk peluit harus mendukung langkah Bpk Gubernur yang bijaksana. Jangan terprovokasi oknum-oknum pengusaha hitam, LSM abal-abal, Ormas Anarkis, DLL.
    MAJU TERUS JOKOWI & BPK AHOK. Kami Warga Jakarta butuh anda untuk memajukan Jakarta yang kita cintai bebas banjir.
    SALAM JAKARTA BARU

  3. Jitu jg BPK Jokowi menyelesaikan permasalah banjir dgn warga waduk pluit, salut sama pak Jokowi, semoga tokcer. Semoga wilayah lain DKI yg mengalami permasalahan banjir dapat segera teratasi dan saya doakan agar bpk Jokowi menuju RI bisa lancar nanti terpilih menjadi presiden/wapres, hurray…

  4. Mohon kalau ada videonya juga dipublikasi supaya tidak mudah dipelintir oleh mass media pesanan.

    Mari kita doakan Pak Jokowi dan Pak Ahok karena banyak intrik dan tipu muslihat yang akan dicoba dilakukan oleh para penikmat haram untuk menggagalkan niat luhur untuk membagi secara adil kue kesejahteraan pada seluruh komponen bangsa Indonesia. Doakan supaya Pak Jokowi dan Pak Ahok menemukan orang-orang yang memiliki ketulusan hati yang sama dengan mereka. Salam Jakarta Baru menuju Indonesia Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here