Jokowi Minta Taman di Jakarta Multi Manfaat

10
95

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, selain bertujuan mempercantik kota, keberadaan taman di ibu kota semestinya bisa multi manfaat untuk warga, baik pohon yang dibuat kayu maupun buah-buahannya. Selain itu, taman kota juga berfungsi sebagai kawasan hijau untuk meredam polusi serta  daerah resapan air.

Dari data Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menyebutkan, jumlah taman di seluruh wilayah Jakarta mencapai 1.178 taman. Jika dilihat secara jumlah memang cukup banyak. Namun, kondisinya dianggap belum berhasil membuat Jakarta tampak lebih hijau dan lebih asri. Seharusnya taman kota dapat menjadi alternatif ruang publik sekaligus menjadi media bersosialisasi. Bahkan fungsi taman di sejumlah kota besar di dunia berperan sebagai pusat aktivitas sosial dan budaya masyarakatnya.

Keinginan Jokowi ini disampaikan pada Rapat Pimpinan (Rapim) terakhir yang digelar di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (26/5). Rapim tersebut membahas sejumlah masalah di antaranya penanaman tamanan herbal atau tanaman obat keluarga (toga) di kampung-kampung atau lingkungan.

Di sisi lain, Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama menambahkan, selain dipercantik rumputnya, taman bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon obat-obatan. “Taman itu kan kalau nggak cuma rumput indahnya kan kalau bisa buat obat bagus. Yang lebih menarik konsepnya, duitnya bukan dari kita tapi dari swasta dan mereka mau menjaga kesinambungannya,” Basuki.

Untuk mewujudkan taman tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat untuk obat, Basuki berencana membeli lahan warga untuk dijadikan taman obat herbal. “Tergantung apa yang masyarakat setempat lakukan dari PKK itu Toga berlaku dengan baik. Tapi nggak ada lahan, nanti kita beli lahan. Jadi kan di kampung-kampung kumuh nggak ada lahan, jadi kalau rumah orang yang mau dijual kita robohkan. Jadi selain ada taman, ada wilayah bermain,” ujarnya.

Bahkan, menurut Basuki, Jokowi meminta pengadaan lahan untuk pembangunan taman itu dikebut, sebab penyediaan ruang terbuka tersebut dapat mengatasi konflik sosial di masyarakat. Sebab, keberadaan taman diyakini mampu meredam konflik, karena warga lebih memilih berolahraga ketimbang bertikai.

Basuki menambahkan, Pemprov DKI juga berupaya taman atau ruang terbuka ini tidah salah sasaran atau disalahgunakan sebagai parkir mobil atau sepeda motor.

Sekadar diketahui Pemprov DKI akan menyediakan taman di semua Rukun Warga (RW) di lima wilayah ibu kota. Untuk merealisasikan program taman tersebut, Pemprov DKI mengalokasikan anggaran sekitar Rp 3 triliun. [Beritajakarta]

Ahok: Seluruh RW di Jakarta Dilengkapi Taman Herbal

10 COMMENTS

  1. OM SAKTI ndutttt.. lu baca JPNN.com gih lu di sangka bodyguard wkwkwkwkw ngakak gw bacanya… padahal gw brharap lu balik bentak tuh pengacara… wkwkwkw SIKAT HABIS.. piss

    • Taman-taman dijakarta baiknya ditanami tanaman buah-buahan juga tidak seperti yg sekarang ini pohon yg ditanami tidak maksimal manfaatnya coba ditanami misalnya mangga, sirsak, dan yg laiinya yg dapat tumbuh dengan baik dijakarta dan apabila sudah panen nanti dapat dikelola oleh RT ataupun RW setempat bila tidak dibagikan kepada warganya bisa juga dijual dengan harga yg murah untuk warga setempat sehingga pohon/tanaman yg ditanam bermanfaat untuk masyarakat setempat.

  2. di Mesa, Arizona USA ada taman yang baru buka, namanya riverview park. taman ini seperti taman BMW , ada stadium, danau atau waduk buatan , jogging track dan di salah satu sudut taman playground, berupa rope net climbing. yang saya amati, mulai banyak sarana serupa dalam skala yang lebih kecil di taman taman yang lebih kecil. Semoga bisa jadi inspirasi buat taman-taman interaktif di jakarta. ini link youtube http://www.youtube.com/watch?v=PXKHpFI5MRM atau search aja riverview park mesa AZ

    • cape2 pak ahok bekerja supaya nama partai tak tercela tapi tidak dihargai karena tidak salat , punya pimpinan kayak prabowo sampai mati pun tak di hargai kalau otak bos ahok gitu main SARA aja

  3. Betul pak Ahok…

    Paling mantap bapak pindah aja ke PDIP sebab lebih banyak orang baiknya daripada yang jahat.

    Kalo di tempat bapak bernaung sekarang kan lebih banyak yang jahat daripada baik.

    Sebagai contoh pengacara Udar aja kan satu partai sama bapak.

  4. saya rasa byk bangunan tua yg uda ga perna diurus sama skali/tanah kosong yg tidak terurus.mendingan yg sengketa ga jlas/ ga diurus/disegel dibuat peraturan menjadi milik dki otomatis saja.jadi lahan yg tidak berfungsi bisa dimanfaatkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here