Jokowi Pimpin Upcara HUT Kemerdekaan RI di Monas (Video)

0
36

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan Ke-69 Negara Kesatuan Republik Indonesia di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (17/8) pagi.

Jokowi didampingi istri, Iriana Widodo tiba di lapangan Monas sekitar pukul 07.30 dengan  menggunakan mobil Toyota Innova warna Hitam B 1124 BH.

Presiden terpilih 2014 ini mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi merah dan peci hitam. Setibanya di lokasi upacara, Jokowi langsung naik ke podium.  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan istri, Veronika Tan telah berada di lokasi upacara lebih dahulu.

Ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, perwakilan TNI dan Polri, pelajar, Pramuka, lembaga swadaya masyarakat serta lainnya turut menghadiri upacara HUT RI di Lapangan Monas.

Pelaksanaan upacara HUT RI di Lapangan Monas ini menarik perhatian pengunjung Monas. Mereka pun tampak antusias menyaksikan prosesi jalannya uupacara sejak awal acara. Warga yang antusias itupun tampak menonton prosesi acara itu sambil berkumpul di pinggir lapangan tempat dilangsungkannya upacara.

Jokowi dalam pidatonya mengatakan, semangat proklamasi, membuat pelaksanaan pemilu 2014 berjalan baik.  “Tema peringatan ulang tahun kemerdekaan ini adalah dengan semangat proklamasi kita dukung suksesi pemilu demi kelanjutan Indonesia yang maju dan sejahtera,” ujar Jokowi, Minggu (17/8).

Suksesi pemilu, menurut Jokowji akan berdampak pada kegiatan pembangunan ekonomi, sosial dan bidang lainnya. “Sehingga kita harus terus memantapkan transisi demokrasi. Proses ini harus terus kita sempurnakan,” tuturnya.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu. Hal ini terlihat dengan tingginya parsitipasi warga untuk memberikan hak suara pada Pilpres kemarin.

“Hak pilih warga DKI Jakarta dalam pemilu tahun ini mencapai 72 persen. Atas pencapaian itu pemerintah DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang memberikan kontribusi sehingga pemilu kita tahun ini diselenggarakan dalam keadaan aman,” tuturnya.

Di penutup pidato, Jokowi mengucapkan selamat merayakan ulang tahun kemerdekaan RI kepada seluruh warga Jakarta.

“Semoga Tuhan memberikan kekuatan lahir batin untuk membangun RI dan membangun Jakarta yang kita cintai bersama. Merdeka! Hikmah terbesar adalah melestarikan nilai perjuangan untk membangun bangsa yang sejahtera,” tandasnya.

Usai menjadi inspektur upacara, Jokowi rencananya akan langsung menuju Istana Negara untuk mengikuti upacara peringatan kemerdekaan bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). [Beritajakarta]

Video:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here