Jokowi: Pokoknya Kita Terus Bikin Waduk

1
53

Ahok.Org – Gubernur Jakarta Joko Widodo terus memprogramkan pembangunan waduk di Ibu Kota. Setelah memulai pembangunan waduk di Cilangkap dan Pondok Rangon, Jakarta Timur dan Marunda, Jakarta Utara, kini pembangunan waduk dimulai lagi di lokasi lain di Marunda, Jakarta Utara.

Pada Selasa (8/4/2014) siang, Jokowi meninjau pengerjaan waduk kedua di Marunda, Jakarta Utara. Ketika Jokowi datang, enam ekskavator tengah mengeruk lahan serta merapikan tepian waduk.

“Ini namanya Waduk Rawa Kendal, yang akan dikerjakan ada 55 hektare, tapi sekarang baru 21 hektare dulu, sisanya kemudian,” ujar Jokowi di sela-sela blusukannya tersebut.

Jokowi melanjutkan, kedalaman waduk itu antara lima hingga enam meter dan mampu menampung 1 juta meter kubik air. Dengan daya tampung sebesar itu, waduk Rawa Kendal bakal bisa menyelamatkan sejumlah wilayah di Jakarta Utara dan Jakarta Timur dari banjir.

Dia menambahkan, pengerjaan waduk ini ditargetkan rampung dalam waktu enam hingga tujuh bulan. Oleh karena itu, ekskavator yang awalnya hanya enam kini ditambah menjadi 15.

Jokowi mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan 24 waduk baru di Jakarta. Dari jumlah tersebut, baru dilaksanakan empat waduk, yakni dua waduk di Marunda, Jakarta Utara, Pondok Rangon dan Giri Kencana, Jakarta Timur.

“Pokoknya kita terus, terus bangun, bikin waduk, waduk dan waduk,” lanjut Jokowi.

Informasi dari beberapa staf Dinas Pekerjaan Umum Jakarta, seluas lahan tersebut semula milik PT Nusa Kirana. Namun, lahan tersebut telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Oleh sebab itu, tak ada proses pembebasan lahan masyarakat. [Kompas.com]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here