KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, NEWS » Jokowi Senang Pemprov DKI Jadi Model Pertama E-Audit

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI didaulat menjadi model pertama E-Audit untuk pencegahan korupsi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mengaku senang dan merasa mendapat kehormatan.

“Saya senang sekali Pemprov DKI menjadi model pertama E-Audit, yang jelas nanti setiap hari saya tahu tambahan pendapatan, setiap menit punya duit berapa, mnggu depan tambah pendapatan berapa, semuanya bisa dilihat,” kata Jokowi di dalam acara Implementasi E-Audit Untuk Mencegah Korupsi di Gedung BPK DKI, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Selain dapat melihat tambahan pendapatan, sistem E-Audit itu juga dapat melihat sisi penggunaan anggaran. Misalnya saja, kata dia, uang seribu, uang semiliar, uang setriliun dapat dilihat secara jelas penggunaannya untuk apa.

Untuk itu, Pemprov DKI bekerjasama dengan BPK untuk mengintegrasikan sistem dinas-dinas yang parsial di Pemprov DKI mengoneksikan sebuah sistem terpadu.

“Saya juga terimakasih telah terintegrasikan sistem dari BPK RI,” kata Jokowi.

Dengan adanya sistem online tersebut, Jokowi memprediksi semua pendapatan pajak restoran, pajak hotel, pajak reklame, pajak parkir, semua online terkoneksi, jadi sebuah sistem yang terintegrasi, APBD DKI di tahun mendatang akan meningkat. “Bayangan saya APBD DKI akan meloncat tinggi sekali,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah menyambangi BPK RI untuk menidaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dibuat antara Pemprov DKI dan BPK. MoU tersebut adalah untuk membantu penggunaan sistem secara terbuka dan akan memaksa semua pihak untuk terbuka. Dengan sistem tersebut, Pemprov DKI bisa melakukan pemeriksaan setiap harinya yang dinamakan desk audit, pemeriksaan di meja setiap hari.[kompas]

  • Share/Bookmark

6 Responses to “Jokowi Senang Pemprov DKI Jadi Model Pertama E-Audit”

  1. ini yang ditakuti semua pejabat termasuk presiden, mentri dan anggota dpr.

    Reply
  2. hallooo pejabat2 korup…. siap2 habis kalian dengan sistem ini…

    Reply
  3. wkwwkkk….mau sistem satelit antariksa / cctv di perut bumi juga tetep aje, maling lbh lihay dr polisi, okelah tuh maling ketahuan, gampil, tinggal bagi hasil kerjasama.
    ujung2nya siapa org2 di dlm/ dibalik mesin.
    SMUA BISA DIATUUUUUUR…….!!!!!

    Reply
  4. sangat senang memiliki pemimpin jkt yg melek dengan pemanfaatan TI untuk kepentingan sprti ini..smoga sistemnya berjalan dengan lancar dan jangan lupa pak staff bagian security jaringan dan sistemnya kalau bisa sewa yg profesional spy ttp aman dan tidak sbntar2 butuh debugging 🙂

    Reply
  5. Sebuah inovasi yang luar biasa! Anggaran Pemprov DKI akan jadi transparan! Salut buet duet “dynamic duo” Jokowi-Ahok.

    Reply

Leave a Reply