Jokowi: Waduk Riario Akan Lebih OK

1
63

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan bahwa penataan kawasan Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur, akan dilakukan secara bertahap mulai September 2013. Ia berjanji waduk itu akan ditata menjadi lebih bagus dari Waduk Pluit.

“Ada total 25 hektar yang dikerjakan. Kita mulai 2 hektar dulu bulan depan,” ujarnya saat mengunjungi waduk tersebut, Senin (19/8/2013) siang.

Jokowi menjelaskan, waduk itu memiliki empat sisi, yakni sisi timur, selatan, barat, dan utara. Penataan dimulai pada sisi barat dan selatan terlebih dahulu. Di sisi timur, masih ada 500 kepala keluarga yang mendirikan permukiman dan memakan bibir waduk.

“Sisi yang masih ada masyarakatnya, tunggu. Jangan kita bicarakan dulu. Yang penting dimulai dulu bagian ininya,” kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan, kawasan itu akan dibangun oleh tiga instansi. Penataan sisi barat, timur, dan utara akan dibangun oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Adapun bagian selatan akan dikerjakan BUMD PT Jakarta Propertindo. Sementara itu, normalisasi waduk dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Semuanya menggunakan APBD.

Jokowi mengatakan, fungsi waduk di Kayu Putih, Pulogadung, itu sama dengan Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Waduk tersebut akan menjadi tempat penampungan air dan sebagai ruang terbuka hijau sekaligus ruang aktivitas publik.

“Ini akan jauh lebih bagus dari Waduk Pluit karena ini kan terletak di dalam kota. Tamannya lebih, ada kawasan bisnisnya. Pasti bagus,” ujarnya.

Saat ini Waduk Ria Rio tampak tak tertata. Permukaannya dipenuhi tanaman eceng gondok. Sisi timur dipenuhi permukiman kumuh. Sisi lainnya dipenuhi ilalang dan pohon pisang. Luas total mencapai 25 hektar, sedangkan luas waduk 9 hektar.[Kompas.com]

1 COMMENT

  1. Pak Jokowi tolong disidak waduk Sunter barat, sebelah sekolah Jubilee…enceng gondok nya sudah hampir setengah luas waduk.

    Kesannya kok ditelantarkan begitu, gimana ini???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here