Kader PKK DKI Jakarta Ikut Pelatihan Pencegahan Osteoporosis

1
47

Ahok.Org – Mendukung komitmen “Jakarta Bebas Osteoporosis” yang telah dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada 2012 lalu, PT Fonterra Brands Indonesia bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta hari ini memulai pelatihan pencegahan osteoporosis untuk kader PKK DKI Jakarta.

Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Veronica BasukiĀ  ini diikuti oleh 278 orang kader PKK tingkat provinsi hingga kelurahan dari enam wilayah di DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kepulauan Seribu) di Gedung PKK Melati Jaya, Jakarta Selatan, 29-30 Oktober 2013.

Veronica mengatakan, PKK DKI Jakarta memang menjadikan kesehatan sebagai salah satu program pokok PKK. Dalam kegiatannya, PKK meyakini, setiap orang mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk memelihara kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya.

“Ibu memiliki peran sangat besar sebagai penggerak kesehatan keluarga. Karena itu, kader-kader PKK yang sebagian besar perempuan, harus bergerak melakukan edukasi ke keluarga melalui ibu-ibu di lingkungan sekitar, mulai dari tingkat RT hingga kecamatan,” kata Veronica saat membuka acara “Pelatihan Pencegahan Osteoporosis Mendukung Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis” di Jakarta, Selasa (29/10).

Acara pelatihan ini diisi dengan pemaparan tentang osteoporosis dan cara pencegahannya dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dan senam pencegahan osteoporosis oleh Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perawatusi). Peserta yang hadir juga diajak berdiskusi secara kelompok dan pemberian arahan seputar Osteo Kit yang akan digunakan.

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan massa tulang dan menipis, rapuh, dan mudah patah. Patah tulang pada osteoporosis sebetulnya dapat dicegah, salah satunya melalui pemenuhan asupan kalsium dan melakukan aktivitas fisik sejak dini. [Beritasatu]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here