"Kalau Kita Makan di Restoran, Pajaknya Disetor Enggak?"

7
87

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengintegrasikan aplikasi smart city dengan wajib pajak (WP) untuk mencegah kebocoran kas daerah dari sektor pendapatan pajak. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, melalui sistem tersebut, warga dapat langsung mengawasi pendapatan pajak di DKI dan melaporkan petugas pajak yang bermain dengan wajib pajak.

“Kan kami sudah berusaha mencegah pengeluaran uang yang boros dari pokir dan segala macam. Sekarang kami mau cegah yang soal pemasukan pajak yang bocor, saya mau coba dengan sistem langsung diawasi masyarakat lewat smart city,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (30/4/2015).

Basuki mengaku sudah mengetahui penyebab tak tercapainya realisasi pendapatan pajak DKI setiap tahunnya. Hal tersebut, kata dia, karena masih adanya petugas pajak yang bermain dengan wajib pajak seperti pengusaha restoran.

Basuki mengaku tak segan menjadikan staf pejabat Dinas Pelayanan Pajak itu, bahkan memindahkannya dari SKPD terkait. Orang nomor satu di Ibu Kota itu juga mengancam akan memidanakan wajib pajak dari pengusaha restoran yang tidak membayar pajak dan “bermain” dengan okum petugas pajak di lapangan.

“Kalau kita makan di restoran, kamu bayar pajak enggak? Bayar pasti. Kamu tahu disetor apa enggak sama restoran tempat kamu makan? Enggak tahu. Enak aja uang pajak itu dicuri, lebih baik ditangkap saja (restoran) yang kayak begitu,” kata Basuki.

Dengan aplikasi smart city ini pula, warga Ibu Kota di tingkat RT/RW hingga kota dilibatkan mengawasi pendapatan pajak daerah. Mereka nantinya akan diberi insentif yang diperoleh dari upah pungut pajak sebesar 3 persen dari total besaran pajak. Ia optimistis, melalui cara ini, pendapatan daerah dari sektor pajak dapat lebih optimal dan mendorong seluruh masyarakat menjadi taat pajak.

“Insentif 3 persen itu kami bagi ke masyarakat yang membantu kita mengawasi pajak. Mereka, kami kasih hadiah,” kata Basuki. [Kompas.com]

7 COMMENTS

  1. PakGub mengapa tdk langsung dieksekusi? Mengapa dinas Inspektoriat (Lasro Marbun) tdk memeriksa dinas ini? Mengapa anak buah Iwan Setiawan bajingan koruptor perpajakan dki yg sdh kaya raya tidak diganti semua? Penjarakan Iwan Setiawan ini sdh berapa banyak pajak dia tilep! Ayu PakGub realisasikan nyalimu, mau sampai kapan ditunggu dan dibiarkan, jangan lupa PakGub Anda bisa disalahkan bahkan dipidana di kemudian hari karena pembiaran!
    Keep the war against corruption, all out!!

    • tahun ini bro di selesaikan nya. sesuai tulisan diatas, kemarin2 kan masih urus kebocoran yg keluar (UPS DLL),dng e budgedting. setelah beres, baru sekarang bro urus kebocoran yg masuk. pasukannya sedikit bro, kerja nya harus fokus. masalahnya musuh yg dihadapi ini byk, dan kuat. jadi sabar aja.

      • Maaf baru membaca dan ada waktu sekarang. PakGub nya saja tidak sabar, maksud Anda?
        Bahwa musuh banyak dan struktur korupsi di pemprov dki ini kuat dan mapan, sudah jelas. Badan paling corrupt dan poluted adalah pemprov dki saudaranya adalah dprd. TErkutuklah perpajakan dki jkt!
        Korupsi masalah paling utama birokrasi Indonesia dan karenanya setelah merdeka 70 tahun masih begitu banyak bahkan di JKT sendiri orang hidup dalam kemiskinan. Dan ini terutama dilakukan oleh pns, skpd semua dijajaran pemerintahan pemprov dki. Pernah Anda pikirkan yang menjadi uang dan kesejahteraan rakyat itu telah dirampas dan memewahkan orang2 Iwan Setiwan!! Orang2 seperti ini sudah lama harus dipenjarakan!! Mana kpk? Pak Novel?

  2. PAK AHOK JGN SALAH PIHAK RESTORAN ITU KERAP DI ANCAM OLEH PIHAK ORG PAJAK LAPANGAN, KEBANYAKAN ITU YG NAKAL ORG DALAM PAJAK ITU SENDIRI YG SUKA BERMAIN, PIHAK RUMAH MAKAN ITU TAKUT KARENA ORG PAJAK ANCAM ANCAM, PAK AHOK MESTI CEK LAPANGAN, KEBANYAKAN ORG PAJAKNYA YG NAKAL BUKAN RESTORANNYA

  3. LOGIKANNYA GINI AJA PAK?
    1. YG PUNYA KUASA MENUTUP ATAU YG BISA MENGANCAM ITU PIHAK ORG PAJAK BUKAN RUMAH MAKAN??
    2. PIHAK RESTORAN WALAU SUDAH BAYAR BAJAK PUN TERKADANG SERING DI MINTAI LAGI APABILA MEREKA DATANG KE TEMPAT ATAU DENGAN KATA LAIN MINTA SETORAN
    3. MASYARAKAT ITU MAU BAYAR PAJAK PERTANYAAN GAMPANG SAJA, TOLONG BISA KAGA ORG PAJAK KASIH BUKTI DAN MANFAAT PAJAK BUAT KITA???? KALO PAJAK BUAT FASILITAS UMUM SORY SAYA BERKATA BULSIT, JALAN DEPAN RUMAH SAYA AJA SAYA SENDIRI YG MESTI BAYAR ASPALIN PADAHAL JALAN RAYA???? PAJAK DI INDONESIA ITU TIDAK JELAS KEMANA?????? ORG PAJAK TIDAK PERNAH TRASPARAN KE MASYARAKAT, LALU BUAT APA MASYARAKAT MAU JUJUR MEMBAYAR PAJAK?????

  4. PEMERINTAHAN INDONESIA ITU BOBROK, ANGGOTA DPRD,DPR, DAN PARLEMEN DI DALAM PEMERINTAHAN MAKMUR, KAYA RAYA, SEMNTARA RAKYAT BERTERIAK, LIHAT AJA KELAKUAN PARLEMEN NEGARA, KOROPTOR DIMANA MANA, SAYA LIHAT PAK JOKOWI PUN TERTEKAN, TIDAK BERANI MEMBRANTAS KOROPSI SECARA LAGSUNG, ORG BAIK MAU MASUK PARLEMEN WKAKKA, KALO PAK AHOK ITU HANYA BERUNTUNG BISA MASUK, KALO YG LAIN YG JUJUR PASTI UDAH TERSINGKIR DULUAN PAK AHOK, BANGSA INI UDAH SUSAH DI RUBAH AMPIR SEMUA MUNAFIK

  5. DI DALAM INTITUSI POLRI SAJA BANYAK KOROPSINYA JUGA, YAH YG MELAWAN POLRI YAH NASIPNYA KAYA KPK, IBARATNYA HUKUM KO DI LAWAN, TAPI TETAP NEGARA IKUT ANDIL KENAPA POLRI BISA KOROPSI, KARENA GAJI POLISI TERLALU MINIM, JADI SULIT DI KATAKAN??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here