Krisis Air Bersih, DKI Gunakan Teknologi Mutakhir

4
70

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengakui hingga kini baru sekitar 57 persen warga Jakarta yang sudah menikmati air bersih. Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta agar warganya dapat menikmati air bersih. Salah satunya dengan menggunakan teknologi terbaru dan termutakhir.

“Masih ada 47 persen orang yang tidak bisa mendapatkan air bersih. Pengolahan air limbah di ibu kota juga masih di bawah 5 persen,” ujar Basuki Tjahaja Purnama, saat acara Water Sanitation and City Forum and Exhibition 2015 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jl Jenderal Sudirman, Rabu (27/5).

Dikatakan Basuki, Pemprov DKI telah melakukan sejumlah langkah dalam upaya pengelolaan air di antaranya pembuatan Peraturan Daerah (Perda) yang menutup akses untuk pengambilan air tanah lewat sumur dalam.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga berharap agar melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat lahir teknologi termutakhir dan terkini dalam pengelolaan air. Pemprov DKI, lanjut Basuki, juga telah memiliki sistem ‘gasifikasi’, yakni teknologi pengolah sampah menjadi listrik dan air.

“Teknologi termutakhir dari Swiss ini akan dipakai di Waduk Pluit. Kami mau tambah di daerah Marunda dan Kapuk,” ungkapnya. [Beritajakarta.com]

Basuki Soal Banjir dan Macet

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyampaikan rencana solusi permasalahan banjir dan macet di Jakarta mulai dari penggusuran penduduk bantaran sungai hingga kereta yang lebih canggih dari yang ada di Chicago Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan Ahok ke peserta seminar dari berbagai negara di ‎Indonesia International Water Week di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

“Kalau kita bisa pindahkan orang-orang di bantaran sungai ke Rusun (Rumah Susun), selain bisa mengatasi limpahan air dari Katulampa (yang bisa menjadi banjir) maka air lewat Ciliwung tak usah sampai ke Istana karena kita bisa pompa di Pasar Ikan,” kata Ahok dalam pidato pembukaan seminar.

Normalisasi sungai lengkap dengan penggusurannya harus dilakukan. Bila normalisasi Sungai Ciliwung itu,maka dari Gunung Sahari sampai Pasar Ikan akan ada jalan inspeksi di pinggir sungai, total jalan kanan kiri sepanjang 5,6 kilometer. Ada 1.940 penduduk di sepanjang itu yang harus dipindahkan ke Rusun.

“‎Di Jakarta tidak ada pilihan, kami akan terus menggusur‎ untuk normalisasi sungai agar kita punya jalan inspeksi yang menambah rasio jalan,” kata Ahok.

Ahok berterimakasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla ‎yang menyatakan tanah di Kemayoran tidak boleh dibikin untuk kawasan bermewah-mewah. Nantinya, tanah di daerah itu akan dibangun Rusunawa untuk tempat penduduk gusuran di bantaran sungai.

“‎Terimakasih Pak Wapres dan Pak Presiden yang menghibahkan tanah di Kemayoran seluas 11,5 hektar untuk dibangun Rusunawa‎,” kata Ahok.

Rusun-rusun itu nantinya akan dibangun lengkap dengan toko-toko di bawahnya. “Kami ingin Jakarta bebas kawasan kumuh,” ujar Ahok.

Selain itu, untuk mengatasi kemacetan, sistem Electronic Road Pricing (ERP) akan dibangun tahun ini di beberapa ruas jalan.

Ahok juga menyatakan akan ada kereta api ringan model layang di Jakarta. Disebutnya, kereta api yang bakal mengisi tujuh koridor yang selesai pada 2019 ini akan lebih canggih dibanding dengan yang ada di Chicago.

“Mirip Chicago, tapi punya kita lebih ‘alus’, mulus, karena lebih kecil. Teknologinya lebih canggih,” kata Ahok.

‎Ada pula Bus Rapid Transit yang akan diisi oleh bus-bus Scania asal Swedia. Bus-bus itu akan datang pada Juli nanti. Dipilih merek Scania lantaran kualitasnya baik, meski mahal.

“Kalau negara kita miskin, jangan beli barang jelek. Kalau kita miskin, beli yang terbaik karena kita akan pakai seumur hidup karena nggak ada uang untuk beli lagi. Maka Bapak dan Ibu, tawarkanlah, kami mau beli yang terbaik supaya kami bisa pakai seumur hidup,” ujar Ahok. [Detikcom]

4 COMMENTS

  1. untuk yang di Kepulauan Seribu perlu teknologi “Sea Water Desalination”. Bupati Tri Djoko menyampaikan masalah air ini bulan april lalu waktu pak Ahok berkunjung kesana. Salah satu solution provider yang bagus di bidang ini adalah IDE Technologies (ide-tech.com)

  2. Pak Ahok warga jakarta ngerti bapak telah bekerja keras utk penuhi otak,perut dan kantong warga DKI, jd kami juga ingin membalas kebaikan pak Ahok, kalo pak ahok mau maju jadi Gubenur DKI siapkan aja drop box utk KTP kami siap bantu kalo 1 juta KTP saya yakin dapat terkumpul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here