MoU Bangun RPTRA di Kalijodo, Ahok: Supaya Ada Tempat untuk Rayakan Tahun Baru

0
49

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meneken perjanjian kerjasama (MoU) dengan pihak swasta untu membangun Ruang Publik Terbaru Ramah Anak (RPTRA) di kawasan Kalijodo, Jakarta Utara. Selain RPTRA, MoU ini juga membicarakan rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

RPTRA dan RTH di kawasan Kalijodo itu dibangun oleh PT Bumi Serpong Damai (BSD)-Sinarmas Land. Pembangunan itu sebagai bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pihak Sinarmas Land.

“Kami sampaikan banyak terima kasih. Kenapa suka CSR? Gratis, masa enggak suka,” kata Ahok di Ruang Balirung Gedung Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2016).

Ahok mengatakan, ke depan pihaknya akan menerapkan sistem best practice, yang kini lumrah dilakukan di negara-negara maju. Salah satu kebijakan yang telah dipikirkan olehnya yakni pembangunan trotoar oleh pengembang/pemilik properti.

“Kami memang ke depan secara properti akan mulai sistem yang best practice di negara-negara maju. Kita bicara tentang trotoar. Itu kewajiban dari pemilik properti. Kami menentukan speknya. Tujuannya untuk kontribusi di luar CSR seperti ini, untuk kurangi pengeluara APBD. APBD akan dipakai untuk pelayanan publik. Pengelolaan taman, RPTRA, pendidikan, kesehtan, kami ingin dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk seperti ini. Termasuk penghapusan PBB,” jelas Ahok.

Ahok menjelaskan, uang hasil pajak yang diterima Pemprov DKI akan dikembalikan untuk publik. “Dasarnya sudah ada kerjasama dengan Ancol, pembagiannya 30-70. Itu yang dirumuskan dalam kontribusi tambahan pulau reklamasi,” katanya.

Ahok berharap, sebelum Tahun BAru 2017, pembangunan RPTRA dan RTH di Kalijodo itu bisa selesai. “Saya harapkan sebelum sambut tahun baru orang Jakarta sudah punya satu tempat lagi untuk rayakan tahun baru. Mudah-mudahan selesainya sebelum lewat 31 Desember,” kata Ahok.

Penandatangana kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan ruang terbuka hijau dan ruang ramah anak di kawasan Kalijodo. Fasilitas RPTRA meliputi, arena bermain, sarana olahraga, sarana pendidikan, jalur refleksi taman yoga, pos kemanaan dan fasilitas pendukung lainnya.

Sedangkan fasilitas RTA meliputi taman monumen, lintasan jogging atau lintasan sepeda, skate park, amphitheater, musala, lampu taman dan jalan, kios, taman bermain anak, outdoor fitnes, toilet, sound system dan penyediaan utilitas. [Detik.com]

Basuki Lirik Budi Daya Ikan Nila Gift

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here