Normalisasi Sungai Bergantung Ketersediaan Rusun

0
37

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama belum bisa memastikan apakah bakal ada normalisasi sungai sampai Oktober. Normalisasi sungai bergantung pada ketersediaan rusun.

“Tergantung rusunnya siap apa enggak, kalau rusunnya siap tetap kita teruskan normalisasi sungai,” kata Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 21 April 2017.

Sejauh ini, 50 persen sungai Ciliwung dinormalisasi. Ahok membanggakan manfaat normalisasi Ciliwung selain mengurangi banjir. “Kamu lihat saja sekarang Ciliwung ikan mas saja sudah hidup, berarti kan sudah berhasil,” sambungnya.

Ahok memastikan, normalisasi sungai Ciliwung tetap berlanjut. Selama rusun siap, penertiban permukiman di bantaran sungai tak akan terhenti. “Kalau ada rumah susun siap juga kita gusur hari ini,” tegasnya.

Ahok belum menargetkan berapa banyak normalisasi sungai yang akan dilakukan sampai masa jabatannya habis. Ia juga belum menentukan lokasi yang bakal digusur buat normalisasi.

Soal ketersediaan rusun, Ahok mengungkapkan, semestinya bulan ini ada 2.000 unit dari total 10.000 unit yang ditargetkan rampung tahun ini. Namun, mantan Bupati Belitung Timur itu belum mendapat laporan rusun mana yang sudah siap.

“Kalau lihat dari progress harusnya siap sampai 2.000, saya enggak tahu berapa tempat,” kata Ahok.

Beberapa rusun yang batal dibangun tahun 2016, sebagian sudah selesai, salah satunya yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat. Tapi, Ahok bilang, rusun tersebut bakal diberikan pada warga yang sudah terkena normalisasi sebelumnya.

“Kita lihat nanti, kadang-kadang ada beberapa yang siap itu sudah diundi buat tempat lain,” terangnya. [Metrotvnews.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here