Pak Jokowi: Taman Terbuka Hijau Dibangun Tiap Kelurahan

4
65

Ahok.Org – Untuk mencapai target Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30 persen di Jakarta, Gubernur DKI Jokowi mencanangkan program Taman Terbuka Hijau yang rencananya akan dibangun di tiap wilayah kelurahan.

Mantan Walikota Solo ini menegaskan Pemprov DKI saat ini sedang melakukan percepatan pembebasan tanah yang semuanya diperuntukkan bagi RTH. Ia tetap pada konsep akan mulai membangun RTH dengan skala kecil-kecil namun tersebar banyak.

“Kami harapkan ada seribu taman terbuka hijau dari ratusan kelurahan yang ada di Jakarta,” ujar Jokowi, Minggu (4/11/2012).

Dikatakannya, hal tersebut setidaknya menghidupkan kembali program untuk menghutankan kembali Jakarta. Sementara itu, Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II Bahal Edison Naiborhu mengatakan kondisi perkotaan di Indonesia saat ini dihadapkan pada degradasi kualitas lingkungan pemukiman yang diikuti dengan eksternalitas negatif. Seperti banjir, kemacetan, kekumuhan dan krisis infrastruktur.

“Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) harus mampu menjawab permasalahan itu, sekaligus sebagai alat untuk mewujudkan ruang yang aman, nyaman, dan produktif,” ucapnya.

Edison menambahkan, bagi daerah yang telah menyelesaikan RTRW harus berkomitmen tinggi dalam mengimplementasikan rencana, melalui program pembangunan perkotaan dan perdesaan. Misalnya program kota hijau, kota pusaka, atau desa lestari.[Tribunnews]

Berita Lainnya:

4 COMMENTS

  1. kenapa gak sekalian pak di tambahin Green Building Design disetiap Rusun Murah yang sedang di rancang tersebut, ini jg sekalian membantu penghijauan jg tentunya, walaupun sebenarnya untuk membuat konsep Green Building ini mahal, hehehehe

  2. Tanah kosong banyak dikuasai orang2 berduit, tp tdk dimanfaat kan. Maka nya tanah jadi mahal, susah punya rumah yg layak di Indonesia, pdhal wilayah kita sangat luas. Masa harus tinggal di rumah, kadang hanya 3×4 mtr… Coba lihat dari pesawat udara, tanah sangat luas di sekitaran jakarta. Tapi sdh dikuasai. Nah ini harus dibenahi, tdk boleh terbengkalai lebih dari 3-5thn, harus dibangun! atau kompensasi ke pemda! Kenakan pajak yg mahal! Supaya adil untuk rakyat kecil, uangnya gunakan buat bangun rumah susun yg layak.

  3. Untuk hal penataan ruang hijau,saya sangat menyarankan agar pemprov DKI mencontoh Jepang. Setiap area, dekat pemukiman atau perkantoran pasti ada taman, fasilitas bermain anak-anak, toilet umum, dan sangat bersih. Selain memperindah kota, taman juga bisa menjadi tempat untuk melepaskan penat. Saya berharap suatu hari Jakarta bisa seperti itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here