Pemprov DKI Jamin Blok G Dikelola PD Pasar Jaya

4
47
Gubernur DKI Jakarta Jokowi Saat bertandang ke Blok G Tanah Abang - Foto Liputan6.com

Ahok.Org – Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis menjamin bahwa Pasar Blok G Tanah Abang akan dikelola oleh PD Pasar Jaya, bukan swasta. Hal ini dilakukan sesuai permintaan para pedagang kaki lima yang hendak direlokasi ke pasar tersebut.

“Gedung Blok G itu yang membangun swasta. Tapi yang mengelola kita, Pemprov DKI, PD Pasar Jaya,” kata Djangga di Balaikota Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Djangga mengatakan, Pemprov DKI memberikan jaminan sewa gratis selama enam bulan pertama bagi PKL yang mau pindah ke lokasi tersebut. Setelah itu, PD Pasar Jaya akan mengevaluasi lebih lanjut terkait biaya sewa yang dikenakan kepada pedagang. Biaya sewa itu tidak dipatok sama rata, tetapi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pedagang.

Mengenai penarikan retribusi harian, Djangga mengatakan, hanya akan dikenakan retribusi untuk kebersihan dan keamanan. Ia berharap PKL tidak lagi terbebani oleh biaya mahal. Sebelum Blok G Tanah Abang ditempati oleh para PKL, PD Pasar Jaya melakukan renovasi total di Blok G.

“Blok G terus kita kebut untuk diperbaiki. Tangga-tangga yang keropos-keropos akan kita perbaiki dan dicat,” kata Djangga.

Sebelumnya, salah seorang PKL Tanah Abang, Taufik (41), mengatakan bahwa ia bersama teman-temannya telah bersedia direlokasi ke Pasar Blok G Tanah Abang dengan syarat Blok G telah terbebas dari pengelolaan swasta. Akibat pengelolaan swasta itu, kata dia, para pedagang diberi tagihan sewa kios hingga belasan juta rupiah. Taufik diminta membayar Rp 15 juta untuk sewa kios selama lima tahun.

Ia mengatakan, jika hal itu terulang kembali, maka ia yakin semua pedagang kaki lima Tanah Abang akan berdagang kembali di badan jalan.[Kompas.com]

4 COMMENTS

  1. Mantappp….maju terus, usul setelah pedagang pkl masuk blok G mhn p gubernur atau wakil melaksanakan ritual selamatan menempati d
    Gedung baru bersama pedangan sebagai ucapan rasa syukur dan terima kasih mendukung program gub dan wakil….

  2. Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis rasanya ga pernah aware ama PKL selama ini, lihat aja akibat nya sekarang dan track record kerjanya selama ini???

  3. saya taufik salah satu perwakilan pkl tanah abang jujur sebetul nya banyak program jokowi dan ahok yang pro rakyat kecil dan pkl sehinga saya bersama rekan rekan bagaikan orang aneh di mata tanah abang cuma dengan tekat kuat akhir nya kita melawan arus dan mendukung pemprov tapi sayang niat baik pemimpin kadang tidak di respon dengan benar oleh para perangkat di bawah nya seberti comen di atas benar pd pasar jaya paling cuek dan sulit mengikuti perubahan pemimpin,mungkin karna sudah terlalu mengakar jadi budak swasta dan terbawa gaya capitalis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here