Pemuda Ingin Pak Jokowi Bangun Monumen Sumpah Pemuda

1
55

Ahok.Org – Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pagi ini, Jumat, (2/11/2012), datang menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Dalam pertemuan itu, mereka mengajukan permohonan untuk membangun Monumen Sumpah Pemuda dan membahas di mana lokasi monumen itu akan dibangun.

“Kami mengusulkan untuk membangun Monumen Sumpah Pemuda, yang kami rencanakan akan dibangun di Monas,” kata Ketua Panitia Parade Nusantara KNPI, Muhamad Adi Cahyono, di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat, (2/11/2012).

Adi Cahyono mengatakan, Jokowi telah menyambut baik usulan tersebut dan meminta waktu untuk segera menyelesaikan. “Tadi di depan kami semua juga sudah diserahkan tanah ini juga sudah dilakukan,” katanya.

Program ini diharapkan oleh pihak KNPI bahwa Monumen Sumpah Pemuda ini bisa menjadi ikon untuk mengingatkan pentingnya pemuda Indonesia di setiap abad. “Pemuda berperan penting di dalam perkembangan bangsa,” ujarnya.

Untuk mencari lokasi di Monas, KNPI juga sudah memiliki nilai historis sendiri. Adi mengatakan, Monas merupakan lambang kemerdekaan. Sementara Sumpah Pemuda dicanangkan, 17 tahun kemudian lahirlah kemerdekaan RI. “Jadi, Sumpah Pemuda inilah embrio bakal lahirnya kemerdekaan,” katanya.[Kompas]

1 COMMENT

  1. Aduuuuuh… gimana sih,Bro…? Kenali lagi dong substansi sejarah Sumpah Pemuda. Pemuda-pemuda Indonesia pada zaman dulu berani mengambil sikap merdeka dengan jiwa dan semangat kemerdekaannya. Di dalam benak dan pikiran mereka selalu terpatri kata-kata “kami adalah orang-orang terjajah”, sedangkan di dalam jiwa mereka selalu diteriakkan kata “kami harus merdeka !!!” — jadi bukan kami harus bikin monumen supaya bisa merdeka. Monumen itu kan cuma hiasan, simbol yang bisa tidak bermakna apa-apa. Jadi benar-benar bukan substansi persoalan yang sesungguhnya sedang dihadapi oleh Pemuda-Pemuda Indonesia saat ini. Sedangkan substansi persoalan sesungguhnya adalah : krisis multi-dimensi yang sedang terus dihadapi oleh seluruh warga bangsa ini. Disitulah seharusnya para Pemuda dapat mengambil peran. Apa monumen Sumpah Pemuda bisa membebaskan bangsa dan negara ini dari problem krisis multi-dimensi…?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here